Tahun 2022, DPUPR Purworejo Siapkan Anggaran Ratusan Miliar untuk Garap Proyek Fisik Jalan dan Jembatan

oleh -
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Purworejo, Suranto
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Purworejo, Suranto

PURWOREJO, purworrjo24.com  – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, saat ini tengah menyiapkan pekerjaan fisik baik berupa penanganan jalan, pembangunan gedung dan jembatan selama tahun 2022.

<

Guna mendukung pekerjaan fisik itu, DPUPR Purworejo telah menyiapkan anggaran senilai total 135.530.000.000, yang berasal dari anggaran dana DAK, APBD dan bantuan dana dari propinsi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Purworejo, Suranto, mengatakan, pekerjaan fisik baik penanganan jalan, pembangunan gedung, jembatan serta sumber daya air di tahun 2021 telah selesai digarap 100 persen, meskipun penyerapan keuangan di angka 93,4 persen dan beberapa tender yang tidak terserap sisa anggaran telah dikembalikan ke rekening kas daerah.

“Untuk tahun 2022 ini, kegiatan sudah kita sampaikan di RUP dan adanya SOTK baru kami sedang menyusun perangkat kegiatan, karena ada perubahan sehingga dalam waktu dekat kegiatan bisa kita lelangkan, khususnya untuk pekerjaan yang dibiayai oleh DAK maupun bantuan keuangan propinsi, paling tidak DEDnya segera kita selesaikan,” kata Suranto saat ditemui di kantornya, pada Selasa tanggal 25 Januari 2022.

Disebutkan, untuk tahun 2022 ini, untuk penanganan jalan, ada 6 ruas jalan dari sumber dana DAK baik itu reguler maupun penugasan yang akan dilaksanakan. Adapun total anggaran yang disiapkan mencapai 35.224.921.000.

“Kemudian pekerjaan fisik dari anggaran APBD Propinsi ada 7 ruas jalan dengan total anggaran mencapai 25.070.000.000, adapun untuk anggaran dari APBD kabupaten untuk jalan ada 10 ruas jalan yang akan digarap dengan anggaran total mencapai 31.782.000.000,” sebutnya.

Adapun untuk pembangunan jembatan, lanjutnya, di tahun 2022 ini akan membangun 3 jembatan. Namun demikian ada 5 jembatan yang sifatnya adalah penggantian jembatan yang dalam kondisi rusak yang juga akan dikerjakan selama tahun 2022 ini.

Lima penggantian jembatan itu diantaranya penggantian jembatan Kaliwungu di Ngombol, penggantian jembatan Gowong, watu duwur di Kecamatan Bruno, penggantian jembatan si gondok di ruas jalan Cangkrep- Kemanukan yang nantinya akan menjadi jalan alternatif lingkar timur menuju ke bandara YIA, penggantian jembatan Semawung Daleman Kutoarjo, dan penggantian jembatan Kesawen di Kaliglagah Kecamatan Pituruh.

“Selain itu nanti juga ada penanganan drainase, dimana jika musim hujan kota mengalami debit air yang tinggi, sehingga dari patung WR Supratman kearah Bogowonto debit airnya sangat tinggi sekali, apalagi dari arah kelurahan Balidono itu,  dan sudah lama kita rencanakan namun baru kali ini akan kita dilaksanakan dengan total anggaran mencapai Rp2.297.000.000,” tambahnya.

Untuk pembangunan fisik berupa pembangunan gedung, ditahun 2022 ini DPUPR Purworejo berencana akan merehab gedung DPRD Purworejo, kemudian melanjutkan gedung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, lalu gedung kantor Kecamatan Grabag, dan 2 kantor kelurahan yaitu Kelurahan Bayem dan Bandung Kecamatan Kutoarjo dengan total nggaran mencapai 33.729.000.000.

“Kemudian ada beberapa peningkatan jalan poros desa yang total anggaranya mencapai Rp6.575.000.000,” lanjutnya.

Untuk pemeliharaan jalan se-Kabupaten Purworejo di wilayah 5 UPT yang ada yaitu untuk mempertahankan kondisi jalan yang ada yang tidak bisa ditangani dengan peningkatan jalan maupun pemeliharaan berkala akan ditangani dengan pemeliharaan rutin dengan melibatkan petugas yang ada di UPT.

Untuk material nantinya akan disediakan oleh penyedia jasa aspal maupun campuran aspal panas, dengan total anggaran mencapai kurang lebih 16 miliar.

“Pemkab atau bupati menghendaki adanya jalan tanpa lubang di Purworejo, jadi untuk penyelenggaraan jalan dan jembatan alokasi anggarannya mencapai Rp119.315.357.377,” ujarnya.

Sedangkan untuk penanganan sumber daya air di tahun 2022 ini, DPUPR Purworejo telah menyiapkan anggaran total mencapai kurang lebih 16 Miliyar.

“Mudah- mudahan proyek fisik itu nanti bisa segera dilaksanakan hingga selesai tepat waktu, sehingga kinerja kami dalam membantu Bupati Purworejo dalam menyelesaikan infrastruktur bisa terkurangi, RPJMD 2021-2026 bisa kita selesaikan sesuai dengan yang diharapkan,” harapnya.

Adapun untuk pekerjaan fisik yang telah selesai dilaksanakan di tahun 2021, untuk peresmiannya dimungkinkan akan dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Purworejo yang jatuh pada tanggal 27 Februari 2022 mendatang.(P24/Wid)

Tinggalkan Balasan