Setelah Libur Akibat Covid 19, Wisata Air Bogowonto Kayak di Desa Jogoboyo Kini Dibuka Kembali

oleh -
oleh
Pengunjung saat menikmati wisata air Bogowonto Kayak di Desa Jogoboyo, pada Sabtu (25/11/2023)

 

PURWODADI, purworejo24.com – Setelah sempat terhenti akibat pandemi covid 19, wisata air Bogowonto Kayak di Desa Jogoboyo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, kini mulai dibuka kembali.

Sejumlah anggota Karang Taruna bersama kepala desa dari Desa Soborejo, Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menjadi tamu pertama setelah wisata air Bogowonto Kayak dibuka kembali.

Secara bergantian mereka menaiki perahu kayak yang telah disediakan oleh pengelola. Mereka mendayung kayak dialiran sungai Bogowonto di Desa Jogoboyo yang cukup lebar dan juga tenang. Merekapun menikmati pemandangan indah dari pohon mangrove yang tumbuh di sekitar sungai yang dekat dengan muara itu.

Tak hanya menikmati wisata air Bogowonto Kayak, kedatangan mereka di Desa Jogoboyo sembari belajar tentang pengelolaan Bumdes. Kegiatan yang dikemas dengan Study Banding atau pelatihan Karang Taruna dalam pengembangan Bumdes Desa Soborejo ke Desa Jogoboyo itu juga mengunjungi sejumlah tempat lain yang potensi Desa Jogoboyo, diantaranya pasar desa Jogoboyo, pabrik gula, dan sanggar seni kuda lumping.

“Kami dari masyarakat desa Soborejo, utamanya kepala desa dan beberapa perwakilan karang taruna Desa Soborejo melakukan kunjungan ke Desa Jogoboyo dengan maksud tujuan kami mau menggali potensi ataupun menggali ilmu di Desa Jogoboyo, guna untuk memperkembangkan, memberikan ilmu kepada warga kami terkait dengan kegiatan Bumdes ataupun kekarangtarunaan di desa Soborejo,” kata Kades Soborejo, Maman Rifayanto, saat ditemui disela kegiatan kunjungan di Desa Jogoboyo pada Sabtu (25/11/2023).

Dalam kunjungan itu, kepala desa Soborejo mengajak kurang lebih 25 anggota karang taruna yang merupakan perwakilan dari masing- masing dusun yang ada di Desa Soborejo. Mereka diambil 3 perwakilan anggota karang taruna dari setiap dusu untuk mengikuti study banding di Desa Jogoboyo, yang nantinya hasilnya akan dikembangkan di masing- masing dusun di Desa Soborejo.

“Disini cukup bagus, dan memang layak menjadi salah satu tempat untuk kunjungan, ada Bumdesnya yang meliputi ada pasar, ada tempat wisata, harapan kami bisa kesini untuk belajar dan tahun depan mungkin bisa kembali kesini untuk menggali potensi lagi, memperkembangluaskan sistem kepemudaaan terutama dibidang kekarang tarunaan di desa kami. Dan harapan ke depan kalau untuk ke warga kami ya tentunya bisa menjadi karang taruna yang solid, maju dan kokoh, dan sukses selalu seperti di Desa Jogoboyo ini,” harapnya.

Ketua Bogowonto Indonesia Adventure (BIA) Wahyudi mengungkapkan, wisata air Bogowonto Kayak dibuka dan menerima tamu kembali setelah libur akibat pandemi covid 19. Wisata air Bogowonto Kayak dikelola oleh BIA bersama Karang Taruna Wahana Muda Desa Jogoboyo.

“Wisata kayak sendiri sudah lama, pembukaan wisata ini sudah dilaksanakan ditahun 2019 lalu, sempat off karena covid, kemudian mulai buka lagi di tahun 2023 ini,” kata Wahyudi.

Wisata air Bogowonto Kayak di Desa Jogoboyo memiliki potensi yang cukup besar dan potensial karena dekat dengan Bandara YIA Kulonprogo, Yogyakarta. Selain bandara, juga terdapat hotel yang tentunya ada banyak tamu yang akan datang ke Yogyakarta untuk berwisata.

“Dan mereka juga akan mencari alternatif wisata selain di Jogja yang dekat dengan Bandara dan Bogowonto Kayak ini menjadi salah satu alternatif,” ujarnya.

Bagi mereka yang ingin menikmati wisata air Bogowonto Kayak, mereka bisa langsung ke media sosial Bogowonto Kayak seperti di IG, FB maupun Youtube atau bisa menghubungi pengelola melalui kontak pengelola official Bogowonto Kayak. Telah disediakan sejumlah fasilitas Bogowonto Kayak seperti welcome drink, snack, dokumentasi dan juga kayak.

“Untuk sungainya grid 1 dan 2 relatif aman untuk pemula, anak- anak aman sekali karena tidak ada potensi jeramnya. Wisata air Bogowonto Kayak ini aman bagi segala umur,” jelasnya.

Wahyudi berharap Bogowonto Kayak bisa terus berbenah kemudian bisa nenjadi salah satu alternatif wisata diwilayah Bandara YIA Kulonprogo, Yogyakarta. (P24/wid)