Hindari Antri dan Permudah Layanan Perpanjangan SIM, Dirlantas Polda Jateng Bikin Aplikasi Perpanjangan SIM Secara Online

oleh -
Kantor Satlantas Polres Purworejo
Kantor Satlantas Polres Purworejo

PURWOREJO,purworejo24.com – Salah satu cara untuk menghindari antrian dan pendaftaran secara berkerumun, Dirlantas Polda Jawa Tengah, membuat inovasi baru untuk mempermudah masyarakat dalam pelayanan pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) secara online yang diberi nama Sido Arum.

Sido Arum sendiri merupakan singkatan dari SIM Daftar Online Dari Rumah. Sehingga masyarakat bisa dengan mudah untuk melakukan pendaftaran pembuatan SIM secara online dari rumah. Cara pendaftaran SIM online itu sudah bisa dilakukan di berbagai wilayah di Jawa Tengah, salah satunya adalah Satlantas Polres Purworejo.

Namun demikian, saat ini layanan pendaftaran SIM online ini baru untuk layanan perpanjangan SIM, yaitu SIM A dan SIM C.

Hal tersebut disampaikan Baur SIM Satlantas Polres Purworejo, Aiptu Tukul Puji Puriyono, SH, MH, mewakili Kasatlantas Polres Purworejo, AKP Andika Alfayoni, SIK, saat ditemui di kantornya.

“Sido Arum itu merupakan inovasi dari Dirlantas Polda Jateng yang dilaksanakan oleh Satpas-satpas jajaran di wilayah Polda Jawa Tengah. Namun aplikasi Sido Arum ini hanya diperuntukkan untuk SIM A dan C saja. Masyarakat bisa memanfaatkan ini dengan cara masuk ke website www.sidoarum.id, nanti setelah muncul disana itu ada formulir-formulir yang harus diisi,” kata Aiptu Tukul Puji Puriyono.

Lebih lanjut dijelaskan, cara melakukan pendaftaran perpanjangan SIM Online dari rumah itu yaitu dengan mengunjungi laman website www.sidoarum.id, kemudian mengisi form yang ada dalam aplikasi seperti indentitas diri, tanggal lahir, lalu kapan hendak datang ke Satpas termasuk mengaplud KTP dan SIM lama yang akan diganti.

“Setelah komplet semua, silahkan ajukan pendaftaran di klik ajukan pendaftaran, setelah itu akan muncul barcode, nah setelah muncul barcode itulah di hari-H jadwal kedatangan yang diinginkan, silahkan datang ke Satpas terdekat atau Satpas yang dituju, kalau untuk Purworejo berarti ke kantor Satlantas Polres Purworejo,” jelasnya.

Setelah datang ke Satpas, warga kemudian mendatangi loket dua sebagai tempat pendaftaran dengan menunjukkan barcode aplikasi yang telah didaftar.

“Otomatis nanti petugas akan melayani tanpa mengantri, jadi setelah datang membayar pendaftaran SIM, menunjukkan barcode itu langsung diantar ke ruang foto dilakukan identifikasi dan cetak foto SIM perpanjangan. Jadi sangat simpel sekali kepada masyarakat, silahkan dapat menggunakan aplikasi Sido Arum ini dengan sebaik baiknya,” lanjutnya.

Disampaikan, bagi warga yang ingin melakukan perpanjangan SIM secara online, sebaiknya dilakukan dengan mendatangi Satpas di kota asal karena data basenya lebih mudah mengurusnya, dan layanan aplikasi Sido Arum itu hanya untuk lingkup Jawa Tengah saja.

“Sebenarnya sudah satu tahun yang lalu aplikasi ini ada diterapkan, dan ini di-refresh kembali, diulang kembali, dinfokan kembali agar masyarakat dapat memanfaatkan inovasi dengan melalui aplikasi Sido Arum ini. Kami Satpas Satlantas Polres Purworejo siap melayani masyarakat yang menggunakan aplikasi ini,” bebernya.

Pihaknya berharap, semoga dengan penerapan aplikasi itu bisa bermanfaat bagi masyarakat, yaitu mempermudah masyarakat, meningkatkan pelayanan petugas kepada masyarakat.

“Dan setidaknya masyarakat menjadi merasa terbantu, terlayani dengan baik atas apa- apa dari program yang dilaksanakan dari Kepolisian Republik Indonesia,” pungkasnya.(P24/Wid)