Permudah Akses Vaksinasi, Rutan Kelas IIB Purworejo Gelar Vaksinasi untuk Masyarakat Umum

oleh -
Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Purworejo menggelar vaksinasi kedua kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP), dan masyarakat umum
Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Purworejo menggelar vaksinasi kedua kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP), dan masyarakat umum

PURWOREJO, purworejo24.com – Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Purworejo menggelar vaksinasi kedua kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP), dan masyarakat umum. Hal tersebut dilakukan untuk mastikan warga binaan dan masyarakat mendapatkan akses vaksinasi yang mudah.

<

Kepala Rutan Kelas 2B Purworejo, Muhammad Mukaffi, menjelaskan, ratusan vaksin disediakan untuk melayani masyarakat maupun warga binaan yang ada. Layanan penyediaan vaksin tersebut sejak pukul 09.00 WIB hingga selesai.

“Ada beberapa tahanan baru masuk yang belum divaksin dan yang lebih banyak adalah masyarakat umum untuk mempermudah akses mereka yang belum mendapatkan vaksin,” katanya kepada purworejo24.com pada 13 Januari 2022.

Mukaffi mengatakan, vaksinasi itu merupakan vaksinasi tahap dua. Sedangkan untuk Tahap pertama sudah dilaksanakan pada akhir tahun kemarin, dengan jumlah 144 orang.

“Untuk masyarakat umum, dosis kedua ini sekitar 153 orang,” ungkapnya.

Dijelaskan, warga binaan saat ini sejumlah 182 orang dengan kapasitas 122 orang. Menurutnya meskipun jumlahnya overload tetapi bukan merupakan kendala, semua aktivitas tetap berjalan dengan baik.

Untuk antisipasi penularan Covid-19 di Rutan, pihaknya tidak memberlakukan kunjungan tatap muka melainkan dengan menggunakan alternatif video call. Kegiatan Video Call dilakukan seminggu 3 kali di hari-hari tertentu saja yang sudah dijadwalkan.

“Kami berikan fasilitas video call gratis bagi warga binaan. Kita jadwalkan bagi para warga binaan untuk video call dengan kerabatnya, kami juga memberikan fasilitas penitipan makanan dengan SOP yang sudah ditetapkan. Beberapa kegiatan yang berpotensi penularan Covid-19 juga dibatasi,” tandasnya. (P24-bayu)