Covid 19, Mahasiswa KKN UNDIP Edukasi Warga Guyangan Melalui Video

oleh -
Grace, mahasiswa KKN Undip menyebar poster Edukasi Covid-19 di Desa Guyangan Kecamatan Purwodadi, Purworej.o
Grace, mahasiswa KKN Undip menyebar poster Edukasi Covid-19 di Desa Guyangan Kecamatan Purwodadi, Purworej.o

PURWODADI, purworejo24.com – Pandemi Covid-19 yang kian hari semakin melonjak, membuat banyak kegiatan yang melibatkan masa harus dihentikan. Termasuk kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang harus menyesuaikan dengan kondisi pandemi.Kondisi pandemi dengan sejumlah aturan membuat semua orang harus berpikir kreatif dalam melakukan kegiatan KKN yang aman dan tidak melangagr protokol kesehatan. Diantaranya dilakukan oleh Grace, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro di Desa Guyangan, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo.

Kegiatan KKN yang dilaksanakan sejak tanggal 4 Januari 2021 hingga 16 Februari 2021 dengan Dosen Pembimbing Lapangan Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto,S.T., M.En, di desa Guyangan ini, mengangkat tema Edukasi Covid-19 Secara Daring melalui Video Edukasi. Tujuannya ialah agar masyarakat luas dapat menontonnya di mana saja. Video edukasi dapat ditonton luas melalui YouTube di akun pribadi milik mahasiswa yaitu Grace Christa Yuribka.

“Video edukasi ini mengangkat masalah Covid-19. Video diunggah di Youtube kemudian disosialisasikan secara daring melalui grup WhatsApp tiap RT di desa Guyangan. Tujuannya agar masyarakat dapat menikmatinya di mana saja. Karena di pandemi ini, tidak mungkin melalukan kegiatan sosialisasi secara langsung yang melibatkan banyak warga.” jelas Grace kepada purworejo24.com.

Grace, mahasiswa KKN Undip membagi masker kepada warga Desa Guyangan, Kecamatan Purwodadi, Purworejo.
Grace, mahasiswa KKN Undip membagi masker kepada warga Desa Guyangan, Kecamatan Purwodadi, Purworejo.

Video ini dibuat dengan konsep deskriptif mengenai Covid-19 dengan disertai dengan pendapat warga Guyangan tentang pandemi yang sedang terjadi.

“Beberapa warga Guyangan terlibat dalam video ini. Tujuannya agar penonton juga tahu keluh kesah nyata yang dirasakan warga akibat pandemi ini,” ungkapnya.

Selain melakukan edukasi melalui video, Grace juga melalukan sosialisasi secara door to door ke rumah warga yang sekiranya tidak memiliki gawai untuk menonton video tersebut dan menempelkan beberapa poster rangkuman video di beberapa titik strategis desa.

Sidiq Hardjono, kepala desa Guyangan mengapresiasi kegiatan positif tersebut.

“Kegiatannya bagus dan inovatif karena di pandemi ini tidak mungkin melakukan kegiatan yang mengumpulkan seluruh warga Guyangan. Belum lagi KKN-nya dilakukan sendiri. Masyarakat dapat menikmati video di mana saja. Ada warga yang terlibat, jadi semua bisa tahu harapan dan keluh kesah warga”. jelasnya.

Sidiq berharap video edukasi tersebut dapat mengedukasi masyarakat. Sehingga kepedulian masyarakat terhadap pandemi yang terjadi dapat tumbuh dan pertumbuhan Covid-19 pun dapat terhambat. (P24-Nuh)

Tinggalkan Balasan