Tujuh Hari Tak Ketemu, Tim SAR Gabungan Tutup Pencarian Nelayan Tenggelam di Pantai Jatikontal

oleh -
Apel Penutupan Operasi Pencarian nelayan tenggelam di Pantai Jatikontal. (14/9/.2020)
Apel Penutupan Operasi Pencarian nelayan tenggelam di Pantai Jatikontal. (14/9/.2020)

PURWODADI, purworejo24.com – Hingga hari ketujuh upaya pencarian terhadap Sager Abdul Aziz (18), Warga RT 04 RW 01 Desa Patok Jatimalang, Kecamatan Purwodadi,  Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, yang tenggelam di perairan pantai Desa Jatikontal Kecamatan Purwodadi, tidak membuahkan hasil. Dengan demikian, Tim SAR Gabungan yang dikomandoi oleh Basarnas Cilacap, menghentikan, serta menutup operasi pencarian itu.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, I Nyoman Sidakarya, mengatakan sesuai Standar Operasi Prosedur (SOP) Operasi SAR apabila sampai hari ke tujuh tidak membuahkan hasil dan tidak ada tanda-tanda korban di temukan maka secara resmi Operasi SAR dinyatakan di tutup.

“Pencarian sudah kita upayakan dengan maksimal dengan semua Unsur SAR Gabungan tetapi sampai hari ke tujuh belum juga membuahkan hasil,”  ujar Nyoman.

Operasi SAR itu, lanjutnya, secara resmi ditutup pada Senin (14/9/2020) pukul 16.00 WIB dengan disaksikan oleh semua unsur TNI, Polri, Muspika, Muspida dan semua organisasi dan keluarga korban.

“Pencarian hari terakhir resmi ditutup dan apabila korban tidak ditemukan dan dilanjutkan pemantauan,” jelasnya.

Sebelumnya dikabarkan, peristiwa hilangnya nelayan bernama Sager Abdul Aziz, terjadi pada Selasa (8/9/2020) lalu. Saat itu korban bersama dua nelayan lain hendak pulang dari mencari ikan di laut, namun naas perahu tersebut terhantam ombak  dan korban terlempar dari perahu dan tenggelam. Dalam kejadian itu dua ABK kapal berhasil selamat dan satu ABK hilang dan tenggelam terbawa arus ombak.(P24-Drt)