Laporan Awal Dana Kampanye, Pasangan Petahana Terbanyak, Paslon Tomo Terkecil

oleh -
Ketiga Paslon peserta Pilkada Purworejo 2020 dengan no urut masing-masing.
Ketiga Paslon peserta Pilkada Purworejo 2020 dengan no urut masing-masing.

PURWOREJO, purworejo24.com – Ketiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Purworejo telah menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) mereka ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo. Dari LADK tersebut, pasangan Agus Bastian dan Yuli Hastuti (Bayu) memiliki saldo awal Rekening Keuangan Dana Kampanye (RKDK) terbanyak, sedangkan terkecil ada pada RKDK pasangan Kuswanto dan Kusnomo (Tomo).

Dari hasil pengumuman LADK, yang diunggah KPU Purworejo, dengan nomor 21/PL.02.5.PU/3306/kab/ix/2020 didapat keterangan pasangan calon bupati dan wakil bupati Agus Bastian dan Yuli Hastuti (Bayu) memiliki saldo awal Rekening Keuangan Dana Kampanye (RKDK) terbanyak yaitu sebesar Rp200 juta, dan pasangan calon bupati/wakil bupati Kuswanto dan Kusnomo (Tomo) memiliki saldo awal LADK paling kecil yaitu hanya Rp10 juta, sementara Saldo awal RKDK milik Paslon no urut 1 yaitu Agustinus Susanto dan Kelik Rahmat Kabuli sebesar Rp100 juta .

“LADK ketentuan di peraturan KPU bahwa pasangan calon wajib menyerahkan LADK paling lambat satu hari sebelum pelaksanaan kampanye. Alhamdulillah semua pasangan calon telah selesai menyerahkan,” kata Komisioner KPU Purworejo Divisi Sosdiklih Parmas SDM, Akmaliyah, Sabtu (26/9/2020).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah sebelumnya memberi batas waktu penyampaian Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) bagi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Purworejo, pada Jumat (25/9/2020) kemarin. Pelaporan dana kampanye meliputi LADK itu harus diserahkan satu hari sebelum pelaksanaan kampanye.

Sesuai dengan namanya, lanjutnya, laporan itu merupakan laporan yang mengatur soal penerimaan sumbangan dana kampanye. Dan terakhir yakni Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) yang harus diserahkan 1 hari pada berakhirnya masa kampanye yaitu pada tanggal 5 Desember nanti.(P24-Drt)