Kraton Yogya (foto kratonjogja.id)
Pemerintahan Seni Budaya Wisata

Rayakan Hari Jadi ke 189, Pemkab Purworejo Gandeng DIY

PURWOREJO, purworejo24.com – Akan ada nuansa yang berbeda dalam pelaksanaan rangkaian Peringatan Hari Jadi Purworejo ke 189, yaitu nuansa budaya mataram. Hal ini dikarenakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo menggandeng Dinas Kebudayaan DIY dalam pelaksanaan Peringatan Hari Jadi Purworejo kali ini.

Pada konferensi pers di Pres Center, Komplek Kantor Setda Purworejo, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Agung Wibowo menyampaikan bahwa penyelenggara hari jadi Kabupaten yang ke 189 akan dimeriahkan oleh nuansa Kasultanan Yogyakarta. Salah satu dari belasan rangkaian kegiatan hari jadi seperti yang sudah diberitakan sebelumnya memang memuat acara khas mataraman yaitu Muhibah Budaya.

Baca juga: https://www.purworejo24.com/2020/02/06/peringati-hari-jadi-purworejo-pemkab-gelar-belasan-acara-hiburan/

“Muhibah Budaya ini adalah acara hasil koordinasi kami dengan Dinas Kebudayaan untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Purworejo,” katanya pada Jumat (07/02/2020).

Kadinparbud Purworejo didampingi Kabag Humas Purworejo menyampaikan rangkaian kegiatan hari jadi Kabupaten Purworejo yang ke 189
Kadinparbud Purworejo didampingi Kabag Humas Purworejo menyampaikan rangkaian kegiatan hari jadi Kabupaten Purworejo yang ke 189

Pihaknya menyampaikan bahwa dalam partisipasi pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut, maka seluruh hal yang berkaitan dengan acara Muhibah Budaya akan ditanggung oleh pihak terkait (Dinas Kebudayaan Provinsi DIY)

“Semua yang terkait dengan masalah acara dan pembiayaan semua ditanggung oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, kita free hanya ketempatan saja,” katanya.

Baca juga: https://www.purworejo24.com/2020/02/04/habib-syeh-akan-meriahkan-hari-jadi-purworejo/

Pihaknya juga menyampaikan bahwa kegiatan wayangan yang akan juga di gelar pada Hari Jumat (21/02/2020) dengan dalang Ki Aneng Kuswantoro adalah petunjuk langsung dari Sultan Hamengkubuwono ke X. Wayangan yang akan digelar di jalan depan Pendopo tersebut akan menampilkan lakon Gondomono Luweng.

“Ini adalah dalang yang diberikan oleh Ngarso Dalem, biayanya gratis dari mereka semua,” katanya.

Jadwal Muhibah Budaya Mataram Yogyakarta di Purworejo
Jadwal Muhibah Budaya Mataram Yogyakarta di Purworejo

Dalam kegiatan Muhibah budaya tersebut juga akan diadakan Whorkshop yang bertujuan untuk mendidik, melatih dan mengembangkan potensi tari yang ada di Purworejo. Peserta whorshop tari tersebut akan diambilkan dari sanggar dan pelajar yang berjumlah 15 orang putra dan 15 orang putri.

“Penari-penari kita akan dilatih oleh pelatih profesional dari Daerah Istimewa Yogyakarta termasuk didalamnya adalah penari kraton,” katanya. (P24-Bayu)

Tinggalkan Balasan