Jamaah Haji Asal Purworejo Hari Ini Mulai Pulang, 1 Meninggal Dunia di Mekah

oleh -
oleh
Sejumlah pejabat menyambut kedatangan Jamaah haji kloter 32 asal Purworejo. Purworejo
Sejumlah pejabat menyambut kedatangan Jamaah haji kloter 32 asal Purworejo. Purworejo
Selamat Idul Fitri

PURWOREJO, purworejo24.com – Ratusan Jamaah Haji asal Purworejo, Jawa Tengah, hari ini mulai tiba ke daerah asal. Dari ratusan jamaah haji tersebut, seorang jamaah haji dikabarkan meninggal dunia dan dimakamkan di Mekah.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Purworejo, Harwal Masyhuda, mengatakan satu orang jamaah haji yang tergabung dalam kloter 32 dikabarkan telah meninggal dunia di Masjidil Haram. Selanjutnya Jamaah yang meninggal tersebut telah dimakam bersama jamaah yang meninggal lain di tempat pemakaman umum mekkah.

“Kami terima informasi dari ketua kloter pada 16 Agustus lalu, jika seorang Jamaah di kloter 32 ada yang meninggal. Beliau atas anama H. Surodo Afandi Sirat, jamaah dengan nomor pasport C2942663, warga kelurahan Sucenjurutengah RT 8 RW 1. Meninggal di pintu marwah Masjidil haram dalam rangka shalat subuh,” jelasnya kepada purworejo24.com, Rabu (28/9/2019).

Wakil Bupati, Bu Yuli Hastuti besama kloter 32 tiba di Purrworejo. (28/8/2019)
Wakil Bupati, Bu Yuli Hastuti besama kloter 32 tiba di Purworejo. (28/8/2019)

Sementara itu ratusan jamaah haji asal Purworejo mulai Rabu (28/9/2019) akan tiba di daerah asal mereka di Purworejo.

“Untuk jamaah asal Purworejo yang tergabung dalam 31, 32, 33, 34, kembali sampai Purworejo pada Rabu (28/8/2019) dan Kamis (29/8/2019). Sedangkan untuk kloter 96 kembali pada tanggal 15 September 2019 mendatang,” katanya.

Secara umum, selain satu orang yang meninggal dunia, seluruh jamaah asal Purworejo bisa kembali dengan selamat, meskipun ada beberapa jamaah yang sempat mengalami sakit saat berhaji.

“Sakit batuk pilek ya ada, tapi semua telah mendapat pelayanan kesehatan dari petugas,” ujarnya.

Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti yang ikut berangkat haji juga terlihat tiba di Purworejo hari ini bersama rombongan kloter 32. Sekda Purworejo Said Romadhon dan sejumlah pejabat menyambut kedatangan Jamaah Haji asal Purworejo hari ini di kantor Dinas Perhubungan Purworejo.

Untuk kepulangan jamaah pada Kamis (29/8/2019), jamaah haji bisa dijemput di kantor Dinas Perhubungan Purworejo. Lokasi penjemputan jamaah dipindah dari lokasi sebelumnya yang akan di gelar di GOR WR Supratman lantaran Purworejo akan kedatangan Presiden RI. Sedangkan pada tanggal 15 September jamaah bisa dijemput di komplek Pendopo Kabupaten Purworejo. (P24-Drt)