Kenalkan Potensi Purworejo, Kesenian dan Kuliner Purworejo Diboyong ke Jakarta

oleh -

PURWOREJO, purworejo24.com – Sejumlah kelompok kesenian daerah asli Purworejo, seperti kesenian Kuda Lumping dan tari Dolalak, serta sejumlah kuliner khas asli Purworejo diboyong dan diberangkatkan ke ibu kota Jakarta. Mereka akan tampil di gelaran akbar bertajuk Purworejo Fair 2019 di Jakarta, pada Sabtu (27/7/2019) dan Minggu (28/7/2019).

<

Rombongan grup kesenian dan kuliner itu diberangkatkan dari Purworejo menggunakan dua armada bus dan dilepas oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Purworejo, Agung Wibowo AP di halaman kantor Dinparbud, pada Jumat (26/7/2019).

Kadinparbud melepas Tim Kesenian yang akan tampil di Purworejo Fair. (26/7/2019)
Kadinparbud melepas Tim Kesenian yang akan tampil di Purworejo Fair ke Jakarta.

Purworejo Fair 2019 sendiri merupakan agenda akbar yang digelar oleh sejumlah tokoh asal Purworejo yang tergabung dalam Diaspora Purworejo yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Purworejo. Dua agenda besar akan dihelat dalam acara itu, yakni Forum Pembangunan dan Investasi di Aula Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) serta Purworejo Fair di ajang CFD Bundaran Senayan Jakarta.

“Kami dari Purworejo membawa Tim Kesenian yang terdiri grup kesenian Kuda Kepang dan Dolalak Turangga Tresno Budoyo dari Desa Popongan Kecamatan Banyuurip serta kelompok tari dari SMAN 1. Disana nanti juga akan ditampilkan demo Merpati Putih, perguruan silat yang konon dulu berasal dari Loano Purworejo,” kata Kabid Kebudayaan pada Dinparbud Purworejo, yang juga sebagai pengampu tim, Agung Pranoto, kepada purworejo24.com.

Tak hanya grup kesenian Kuda Kepang dan Tari Dolalak, Pemkab juga memboyong sejumlah kuliner khas asli Purworejo, yang nantinya akan dipamerkan di acara akbar itu.

“Kalau dari (Dinas) Pariwisata akan mengenalkan lokasi-lokasi wisata di Purworejo disamping akan membawa makanan khas asli Purworejo. Namun untuk kuliner OPD lain juga akan turut menbawa dan memamerkannya di acara itu,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Purworejo Fair 2019, Dwi Wahyu Atmaji mengatakan, Kabupaten Purworejo memiliki segudang potensi di bidang ekonomi, kekayaan alam, budaya maupun sejarah. Bahkan banyak tokoh bangsa lahir dari Kabupaten Purworejo.

“Untuk bisa dikenal masyarakat secara nasional dan untuk mendorong untuk mendorong pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan warga dari potensi yang dimiliki Purworejo,  maka kami para diaspora Purworejo yang tinggal di berbagai kota khususnya di Jakarta, bekerjasama dengan Pemkab Purworejo akan menyelenggarakan Purworejo Fair 2019, yang merupakan even besar pertama Purworejo di Jakarta,” terangnya.

Dwi Wahyu Atmaji yang kini menjabat sebagai Sekretaris Kemenpan dan RB itu menjelaskan, Purworejo Fair 2019 memiliki maksud dan tujuan untuk mengenalkan keunikan, potensi ekonomi, industrialisasi, budaya, panorama alam, kesenian, kuliner, dan sejarah Purworejo.

“Kegiatan tersebut dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat Purworejo di manapun berada agar merasa bangga dengan daerahnya. Dan masyarakat harus terpacu untuk ambil bagian dalam pembangunan daerah,” tutupnya.(P24-Drt)