Yayasan Embun Surga Antar Jemput Ratusan Pasien dari 16 Kecamatan di Purworejo, Kini Hadirkan Rumah Singgah

oleh -
oleh
Pemberian apresiasi mitra Yayasan Embun Surga Purworejo dan Kitabisa.com
Pemberian apresiasi mitra Yayasan Embun Surga Purworejo dan Kitabisa.com
Selamat Idul Fitri

PURWOREJO, purworejo24.com – Memasuki tahun keempat, Yayasan Embun Surga kini menyediakan rumah singgah bagi pasien asal Purworejo di kota Yogyakarta, tepatnya di Gang Gambir nomor 74, Jongkang. Hal ini disampaikan oleh ketua Yayasan Embun Surga Purworejo, Trimansih Utami saat acara Halal bi Halal di Sulthan Kopi & Eatery Purworejo, pada Sabtu (4/5/2024)

Ketua Yayasan Embun Surga Purworejo, Trimansih Utami mengatakan sejumlah pasien dari Purworejo mengalami kesulitan saat harus bolak-balik berobat ke RS Sardjito.

Pengobatan memang sudah ditanggung pemerintah melalui BPJS Kesehatan, namun untuk transport belum tentu semua mampu. Belum lagi kalau harus menunggu pengobatan selanjutnya, terpaksa menginap. Banyak yang menginap di emperan sampai di aula rumah sakit. Kami ingin para pasien beristirahat dengan nyaman di rumah singgah, sambil menunggu pengobatan selanjutnya,” ujar Trimansih.

Lebih lanjut, Trimansih mengatakan pihaknya sudah melakukan layanan antar jemput warga Purworejo ke RS Sardjito sejak tahun 2020 silam. Ia melihat kebutuhan transportasi menuju rumah sakit cukup menguras biaya.

Bayangkan kita dalam kondisi sakit, harus sedia uang untuk transport berobat, belum lagi daftar online yang memusingkan. Kami sangat memahami itu. Sehingga selain antar jemput, Yayasan Embun Surga juga melakukan pendampingan dan membantu pendaftaran pasien jika dibutuhkan,” kata dia.

Menurut Trimansih, dari sekian warga, jumlah pasien kanker payudara yang didampingi Yayasan Embun Surga Purworejo cukup mendominasi.

Kami berharap bisa terus mendampingi dan menyediakan layanan terbaik bagi warga Purworejo dan sekitarnya. Saat ini kami melayani sekitar 500 pasien setiap bulan yang berasal dari 16 kecamatan di Kabupaten Purworejo,” ujar dia.

Dalam acara Halal bi Halal dan silaturahmi ini, Yayasan Embun Surga Purworejo juga turut memperikan plakat dan apresiasi kepada sejumlah pihak yang telah bersinergi yakni Pondok Pesantren Nurul Iman Pituruh, BMT Annur, BMT Binamas, Sedekah Seribu Sehari Purworejo dan Kitabisa.com.

Kehadiran Yayasan Embun Surga Purworejo mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan. Ketua DPRD Purworejo, Dion Agasi Setiabudi yang hadir dalam acara Halal bi Halal turut menyampaikan terimakasih atas kerja keras Yayasan Embun Surga Purworejo melayani masyarakat.

Kami mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada Yayasan Embun Surga Purworejo dengan segenap dedikasi yang luar biasa memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat. Apalagi dengan adanya rumah singgah ini,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Dion Agasi juga turut menyumbangkan donasi Rp25 juta untuk membantu keberlanjutan Rumah Singgah di tahun 2025 mendatang.
Sementara itu, salah satu pasien kanker payudara yang turut hadir dalam acara, Suyatmi mengatakan, Yayasan Embun Surga Purworejo telah membantu tanpa pamrih.

Saya kalau berangkat sewa mobil sendiri bisa menghabiskan jutaan rupiah. Tapi di Embun Surga masya Allah tidak ada biaya. Malah didampingi, ditemenin dibantu daftar online. Terimakasih Embun Surga,” ujar Suyatmi. (P24/wid/topo)