Jumat Berkah, Paguyuban Wali dan Siswa Kelas 6 SD Negeri Kaligesing Bagikan Paket Sembako kepada Warga Sekitar

oleh -
oleh
Wali siswa bersama siswa kelas 6 SD Negeri Kaligesing saat memberikan sembako kepada warga yang tinggal disekitar SD, pada Jumat (5/4/2024)
Wali siswa bersama siswa kelas 6 SD Negeri Kaligesing saat memberikan sembako kepada warga yang tinggal disekitar SD, pada Jumat (5/4/2024)
Selamat Idul Fitri

KALIGESING, purworejo24.com – Untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama, sekaligus mengisi kegiatan dan mencari keberkahan di bulan Ramadhan 1445 H, puluhan siswa kelas 6 bersama Paguyuban Wali Siswa dan warga dilingkungan SD Negeri Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah, mengadakan bakti sosial berupa pembagian paket sembako kepada wali siswa dan warga disekitar SD yang kurang mampu atau membutuhkan.

Terdapat sekitar 35 paket sembako yang dibagikan dalam kegiatan baksos yang dikemas dengan nama Jumat Berkah itu.

Secara simbolis paket sembako diberikan kepada warga oleh Kepala Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Suroto, Kepala SD Negeri Kaligesing, Supriyono, bersama Korwilcambidik Kecamatan Kaligesing yang turut hadir di SD setempat pada Jumat (5/4/2024).

Usai menggelar acara ceremoni, Paguyuban Wali Siswa bersama siswa kelas 6, kemudian berkeliling secara door to door untuk memberikan paket sembako kepada warga di lingkungan sekitar SD yang telah terdata dan membutuhkan.

Usai memberikan sembako, Paguyuban Wali Siswa bersama siswa juga menggelar pembagian takjil kepada warga yang melintas di jalan raya dekat SD Negeri Kaligesing pada sore harinya.

Wali Kelas 6 SD Negeri Kaligesing, Teguh Suyono, bersama Ketua Paguyuban Wali Siswa, Sakin Yuliarti, mengungkapkan, kegiatan Jumat Berkah digagas dan mulai dilaksanakan sejak tiga bulan lalu. Ide kegiatan itu muncul dari hasil komunikasi dan obrolan para penjemput anak di SD Negeri Kaligesing, yang kemudian bersama- sama untuk mengadakan kegiatan Jumat Berkah.

Dinamakan Jumat Berkah karena kegiatannya dilaksanakan pada hari Jumat. Orientasinya bagi kita untuk ikut berbagi dalam kegiatan dimasyarakat di lingkungan SD Negeri Kaligesing ini,” kata Teguh Suyono, kepada purworejo24.com, pada Jumat (5/4/2024) sore.

Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan, lanjutnya, dihari Jumat pada bulan Januari 2024 dilaksanakan pembagian roti dan susu ke seluruh siswa kelas 1 hingga kelas 6, kemudian dihari Jumat dibulan Februari dilaksanakan pembagian nasi box ke seluruh siswa juga dan diteruskan dihari Jumat pada bulan puasa ini dilaksanakan kegiatan tahlil bersama yaitu dari wali siswa kelas 6 dan takmir masjid dilingkungan SD Negeri Kaligesing lalu dilanjutkan Jumat berikutnya pada bulan Ramadhan yaitu dengan melaksanakan pembagian takjil gratis untuk warga sekitar yang melewati jalan raya di SD Negeri Kaligesing.

Dan puncaknya hari ini untuk bulan ramadhan Paguyuban Wali Siswa bersama warga sekitar menyelenggarakan pembagian paket sembako yang berhasil dikemas sebanyak 35 paket, kemudian didistribusikan sebagian untuk wali siswa dari kelas 1 sampai kelas 6 yang sesuai dengan keadaan atau kurang mampu kemudian dibagikan kepada sekitar warga SD Negeri Kaligesing yang juga dalam kondisi perlu mendapatkan bantuan,” ungkapnya.

Jumat Berkah, jelasnya, dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih rasa kepedulian terhadap sesama yang mulai terkikis saat ini. Dengan kegiatan itu diharapkan tumbuh rasa kepedulian terhadap sesama yang muncul dalam diri siswa setelah melihat situasi yang ada dilingkungan sekolah.

Dan juga menumbuhkan rasa syukur lebih pada anak, karena ternyata kita dalam hal ini lebih dari mereka, yaitu saudara- saudara kita yang ada dilingkungan kita, ini yang diharapkan sehingga siswa- siswa diharapkan menjadi anak- anak yang peduli dan tanggap terhadap situasi yang ada disekitarnya,” jelasnya. (P24/wid)