Kegiatan Rutin Selama 26 Tahun, Majlis Ta’lim Miftahul Huda Berikan Santunan kepada Anak Yatim Piatu

oleh -
Majlis Ta'lim Miftahul Huda, Desa Kalikotes, Kecamatan Pituruh Purworejo, Jawa Tengah menyelenggarakan santunan anak yatim yang ke 26
Majlis Ta'lim Miftahul Huda, Desa Kalikotes, Kecamatan Pituruh Purworejo, Jawa Tengah menyelenggarakan santunan anak yatim yang ke 26

PITURUH, purworejo24.com – Menyambut Tahun Islam, 1 Muharram 1444 H. Majlis Ta’lim Miftahul Huda, Desa Kalikotes, Kecamatan Pituruh Purworejo, Jawa Tengah menyelenggarakan santunan anak yatim yang ke 26. Tradisi santunan di majelis ini sudah rutin dilakukan sejak tahun 1996.

Kyai Mutohar Hasan pengasuh majlis Ta’lim menjelaskan santunan anak yatim tersebut merupakan agenda rutin yang digelar setahun sekali dalam rangka menyambut tahun baru hijriyah. Agenda yang sudah berjalan rutin puluhan tahun tersebut juga melibatkan banyak pihak, untuk tahun ini juga ditambah dengan hadirnya Jama’ah Gada 313 Dewa dari Watucongol, Magelang.

“Kita juga menggandeng pemerintah sebagai wujud pengejawantahan bersatunya ulama dan udara (pemimpin) dalam kegiatan sosial,” kata kyai Mutohar usai kegiatan pada Minggu 31 Juli 2022.

Dalam kegiatan ini sebanyak 32 anak yatim piatu diberikan santunan. Bahkan anak-anak yatim piatu tidak hanya dari desa Kalikotes saja namun dari desa-desa yang lain di Kecamatan Pituruh.

“Bahakan saat pandemi pun tetap kita laksanakan, karena dalam pandemi anak-anak kita ini lebih membutuhkan bantuan kita semua,” katanya.

Dalam acara santunan ini hadir Forkompimcam Pituruh, Camat Pituruh yang dan sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat serta ratusan masyarakat sekitar. Tidak hanya pemberian santunan, kegiatan ini juga diisi Pengajian umum dengan penceramah Kyai Habib Soleh.

Pihaknya menyebut, dana yang digunakan adalah dana dari masyarakat termasuk dari perantau yang berada di sejumlah kota besar antara lain Jakarta, Kalimantan, Sumatera, Papua serta kota-kota besar di Indonesia bahkan sampai luar negeri.

“Dengan adanya santunan anak yatim tersebut, diharapkan dapat memberikan kebahagiaan kepada anak-anak yatim penerima santunan di Bulan Muharam yang merupakan hari lebarannya anak-anak yatim” Katanya.

Sementara itu, panitia kegiatan, Djarun mengatakan, dana santunan yang berhasil dihimpun mencapai Rp27.542.000,00 dan semua dibagikan habis kepada anak yatim piatu yang diundang dalam kegiatan tersebut.

“Ditasharufkan ke 32 anak-anak yang ada di Pituruh bahkan sampai luar kecamatan sampai ke Kecamatan Kemiri,” kata Djarun saat memberikan laporan hasil santunan (P24-bayu).

Tinggalkan Balasan