Jaring Bibit Atlit Terbaik, PBVL Gelar Liga Loano Cup 2022

oleh -
PBVL Gelar Liga Loano Cup 2022
PBVL Gelar Liga Loano Cup 2022

LOANO, purworejo24.com – Paguyuban Bola Volly Loano (PBVL) menggelar turnamen bola volly tingkat Kecamatan yang diberi nama Loano Cup 2022. Turnamen itu digelar sebagai ajang seleksi untuk mencari bibit- bibit atlit bola volly terbaik di Kecamatan Loano. Loano Cup 2022 akan digelar sebanyak 5 kali selama tahun 2022.

Hingga di bulan Juni dan Juli ini, PBVL telah menyelenggarakan turmanen sebanyak dua kali, atau turnamen bola volly Loano Cup putaran 2 tahun 2022. Ada 16 tim club bola volly yang ikut dalam turnament yang telah dimulai sejak tanggal 25 Juni 2022 lalu, di lapangan volly Ki Ageng Pajang Desa Kalisemo Kecamatan Loano.

Dalam final yang digelar pada turnamen bola volly Loano Cup 2 tahun 2022 yang dilaksanakan pada Senin 4 Juli 2022 malam ini, tim bola volly putra Baramuda Separe berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan tim bola volly Gabrus Loano.

Dalam final yang berlangsung hingga 3 set itu, Tim Baramuda Separe dengan mudah mengalahkan tim Gabrus Loano dengan skor 3:0.

Turnamen bola volly Loano Cup 2 tahun 2022 menjadi semarak dan meriah, dengan di pertandingkankannya secara eksebisi tim bola volly putri yaitu tim Aneo Kedung Pucang melawan Ivoska Kalijambe.

Dalam eksebisi yang digelar sebelum putaran final tim bola volly putra itu, dihasilkan tim bola volly putri Aneo Kedung Pucang berhasil menaklukkan tim bola volly putri Ivoska Kalijambe dengan skor 3:2.

Ratusan warga, baik dari dalam dan luar Desa Kalisemo secara antusias memadati arena lapangan pertandingan itu. Selain sebagai hiburan, mereka juga memberikan semangat dan dukungan terhadap tim yang bertanding dalam turnamen.

Ketua 2 Paguyuban Bola Volly Loano (PBVL), Shidiq Rahmantoro, menjelaskan, kegiatan bola volly di Kecamatan Loano yang dilaksanakan itu merupakan kegiatan dalam naungan Paguyuban Bola Volly Loano (PBVL).

Di tahun 2022 ini turnamen akan diselenggarakan sebanyak 5 kali, dan pada malam hari itu merupakan putaran kedua untuk Loano Cup 2022.

“Loano Cup 2022 inu diikuti oleh 16 tim bola volly putra desa se-Kecamatan Loano. Untuk setiap even itu kurang lebih dilaksanakan selama 8 hari, karena menggunakan sistem gugur jadi satu pertandingan.

Jika kalah maka gugur, maka dalam pelaksanaan mulai babak penyisihan sampai grand final ini hanya membutuhkan waktu 8 hari atau 8 malam,” ungkap Shidiq saat ditemui disela pertandingan final Loano Cup 2022, pada Senin 4 Juli 2022.

Adapun hadiah, lanjutnya, disediakan dari pembina paguyuban senilai total 10 juta. Namun sebelum kegiatan berlangsung hadiah diambil dari dana pendaftaran dan hadiah belum sebanyak dalam partai putaran terakhir atau putaran liga ke-5 nanti.

“Saat ini untuk paguyuban bola volly Loano Cup 2022 belum ada tropy bergilir dan ini menjadi PR kita sebagai pengurus, dan besuk pada putaran liga ke- 4 atau ke- 5 akan kita usahakan berupa tropy bergilir,” lanjutnya.

Dikatakan, dengan kegiatan itu tentu saja dapat memotivasi khususnya kepada para pemain- pemain muda bola volly dari Kecamatan Loano, yang nantinya diharapkan bisa bersaing di even diluar kecamatan, seperti tingkat Kabupaten atau event turnamen yang lain.

“Karena untuk Kecamatan Loano kita baru merintis untuk mencari bibit – bibit yang bisa disiapkan menjadi tim Kecamatan Loano bila ada event diluar kecamatan,” ujarnya.

Menurutnya, sebelum ada paguyuban bola volly itu, antusiasme giat bola volly ditingkat kecamatan belum ada, dan setelah ada paguyuban yang didampingi oleh Muhammad Abdullah sebagai penasehat dan juga anggota DPRD Dapil 6 dari Fraksi Nasdem itu antusiasme masyarakat dan pemain menyambut baik dan antusias, terlebih dengan adanya gelaran event Loano Cup 2022 itu.

“Kegiatan ini yang menjadikan hiburan bagi masyarakat umum dan pecinta bola volly dan kita bisa memotivasi, melatih pemain muda di Kecamatan Loano untuk lebih baik lagi. Harapan kedepan kegiatan ini bisa berlangsung seterusnya dan juga bisa bermanfaat bagi para pecinta atau giat bola volly di Kecamatan Loano pada khususnya dan di Kabupaten Purworejo pada umumnya,” harapnya.

Penasehat PBVL yang juga anggota DPRD Purworejo Dapil 6 dari Fraksi Nasdem, Muhammad Abdullah, mengatakan, Loano Cup 2023 itu spriritnya disamping sebagai hiburan bagi masyarakat juga ingin mengolahragakan bola volly di masyarakat, serta menjalin silaturohim antar pemuda desa sehingga di Loano itu timbul rasa persatuan dan kesatuan bangsa, serta dalam prestasi di Kecamatan Loano itu diharapkan kedepan bisa menorehkan prestasi dijenjang yang yang lebih tinggi.

“Nanti dibulan September 2022 akan ada kegiatan pekan olahraga tingkat kabupaten yaitu pekan seni dan olahraga, sehingga dengan Loano Cup 2022 ini bisa menjadi ajang seleksi atlit terbaik di Kecamatan Loano. Malam ini merupakan putaran kedua dan kami rencana akan ada lima putaran yang insyaallah terakhir akan diadakan di bulan Desember 2022 mendatang,” katanya.

Disampaikan, sampai saat ini liga bola volly sementara masih diadakan di dua kecamatan yaitu Kecamatan Bener dan Loano, dan memang di dua daerah itu menjadi center atau pencetak atlit olahraga bola volly.

“Karena kita tahu dari dua kecamatan ini masyarakat pecinta bola vollynya paling banyak, bisa terlihat dari adanya turnamen-turnament bola volly dimanapun dari dua kecamatan ini adalah suportnya paling banyak,” ujarnya.

Sementara itu Camat Loano, Andang Nugeraha, yang turut hadir dalam kegiatan itu mengatakan, perkembangan bola volly di Kecamatan Loano saat ini sangat antusias karena peran turnamen Loano Cup 2022 yang otomatis membangkitkan semangat club-club tim bola volly  di Kecamatan Loano.

“Dan Insya Allah mudah- mudahan bisa terjaring bibit- bibit atau potensi yang ada di Kecamatan Loano ini, sehingga akan terseleksi hingga sampai ditingkat kabupaten dan juga tidak menutup kemungkinan yang potensi atau bibit-bibit unggul itu pemain bisa mewakili ditingkat Kabupaten Purworejo.

Andang berharap turnamen ini juga bisa meningkatkan prestasi bola volly tidak hanya di Kecamatan Loano tapi juga di Kabupaten Purworejo.

“Harapan ke depan mudah-mudahan semua atlit di Kecamatan Loano ini mempunyai kesempatan yang sama mewakili Kabupaten Purworejo di turnamen bola volly tingkat yang lebih tinggi,” pungkasnya.(P24/Wid)