Api Lilin Jatuh Kenai Sampah Plastik, Rumah Milik Ayu Jadi Terbakar

oleh -
Petugas memadamkan kebakaran di rumah milik warga Desa Jenar Wetan Kecamatan Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah
Petugas memadamkan kebakaran di rumah milik warga Desa Jenar Wetan Kecamatan Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah

PURWODADI, purworejo24.com – Kebakaran terjadi di sebuah rumah milik warga Desa Jenar Wetan Kecamatan Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah, pada Rabu, 11 Mei 2022 malam.

<

Kebakaran terjadi diduga akibat api lilin yang terjatuh ditumpukan sampah plastik, sehingga menyebabkan kobaran api hingga membakar rumah milik Ayu Teguh Nurparsiyem, warga Desa Jenar Wetan Kecamatan Purwodadi.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun Ayu mengalami kerugian materiil rumah yang terbakar hingga mencapai puluhan juta rupiah.

Kapolsek Purwodadi, AKP Ujianto, saat dikonfirmasi menjelaskan, dari hasil data keterangan yang diperolehnya, kronologis terjadinya kebakaran itu bermula pemilik rumah pada sore hari sekitar pukul 18.00 WIB menyalakan lilin untuk penerangan dalam rumah, karena rumah miliknya tidak menggunakan listrik.

“Lebih kurang pukul 21.15 WIB lilin yang dinyalakan korban jatuh mengenai tumpukan sampah berbentuk plastik yang berada di dalam rumah. Kejadian tersebut membuat rumah korban seketika terbakar,” ungkapnya.

Warga yang melihat kejadian tersebut kemudian memberitahukan kepada warga sekitar untuk membantu memadamkan api tersebut dan menghubungi pihak Polsek Purwodadi serta Satpol PP Damkar Kabupaten Purworejo. Hingga pada akhirnya pada Pukul 22.00 WIB api sudah dapat dipadamkan oleh petugas Satpol PP Damkar yang datang dengan 4 (Empat) unit mobil pemadam kebakaran dan dibantu oleh warga sekitar.

“Ada pun ukuran rumah korban dengan luas 9m x 6m dan terbuat dari dinding batu bata serta atap sudah dalam keadaan rapuh dan rusak. Atas kejadian tersebut dapat ditaksir kerugian sebesar lebih kurang mencapai 40 juta,” katanya.

Disampaikan, kondisi kesehatan jiwa pemilik rumah diduga terganggu dan lingkungan di dalam serta di luar rumah di penuhi sampah berbentuk plastik. Karena tidak memasang penerangan lampu listrik pemilik rumah hanya menerangi rumah dengan api lilin. (P24/Wid)

Tinggalkan Balasan