Pererat Persaudaraan, Warga Suronegaraan Giatkan Senam Sehat Suronegaran

oleh -
Senam sehat di halaman pendopo kantor Kecamatan Purworejo, Rabu 23 Februari 2022.
Senam sehat di halaman pendopo kantor Kecamatan Purworejo, Rabu 23 Februari 2022.

PURWOREJO, puroworejo24.com – Puluhan Lansia warga RW 10 Suronegaran, Kelurahan Purworejo, Kecamatan/Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah yang tergabung dalam kelompok Senam Sehat Suronegaran (S3), mengikuti senam sehat bersama dalam mengisi rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Purworejo ke- 191.

Senam sehat tersebut dilakukan di halaman pendopo kantor Kecamatan Purworejo. pada Rabu tanggal 23 Februari 2022. Selain S3. kelompok senam lain yang ada di Kecamatan Purworejo juga mengikuti kegiatan ini, yaitu Prolanis Kecamatan Purworejo  dan Sekelas Kelurahan Purworejo.

Hadir Bupati Purworejo, Agus Bastian, untuk memberikan door price berupa Sepeda Ontel sebagai hadiah utama dan berbagai puluhan hadiah menarik lainya yang dibagikan kepada peserta yang datang.

Penampilan seni tari khas Purworejo, yaitu tari dolalak dari perwakilan sejumlah SD di Purworejo turut memeriahkan gelaran senam sehat bersama itu.

Instruktur Senam Sehat Suronegaran (S3), Haryanti, mengatakan, keikutsertaan warga Suronegaran dalam kegiatan itu sebagai bentuk kecintaan warga terhadap Kabupaten Purworejo serta untuk mengisi rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Purworejo.

“Suatu kebanggaan bagi kami yaitu Senam Sehat Suronegaran mendapat kepercayaan dari lurah Purworejo untuk tampil mewakili Kelurahan dalam kegiatan senam sehat Hari Jadi Purworejo ke-191 di Kecamatan Purworejo,” katanya.

Dikatakan, S3 lebih banyak diikuti oleh warga lansia, tidak hanya ibu- ibu, namun bapak- bapak di Suronegaran juga turut serta dalam kegiatan senam itu.

“Banyak lansia yang ikut dalam senam ini, namun group senam ini juga untuk semua umur, jadi ada remaja juga anak- anak,” jelasnya.

Berbagai gerakan senam yang mudah dilakukan diajarkan dan dipadukan dalam gerakan senam sehat itu, seperti senam  aerobik, senam samba juga senam santai.

“Semua senam ada kita padukan, pokoknya biar tidak monoton,”  ujarnya

Pembina Senam Sehat Suronegaran (S3) Purworejo, Suryo Sucipto, menambahkan, S3 telah hadir dan dibentuk serta melakukan kegiatan rutin senam sejak tahun 2018 lalu. S3 menggelar kegiatan rutin pada setiap hari Minggu pagi di Jalan Kolonel Sugiyono Purworejo atau di depan praktek dr Jayanti Purworejo.

“Ada sekitar 43 warga yang ikut dalam kegiatan senam sehat itu, kita melaksanakan secara rutin sejak sebelum pandemi sekitar tahun 2018 lalu,” ungkapnya.

Diceritakan, kegiatan senam sehat dimulai dari rasa keprihatinan warga dengan adanya kurangnya aktifitas atau kegiatan untuk mendukung kesehatan badan bagi para lansia.

“Saya kan sudah Lansia, untuk sehat harus menggerakkan badan, maka saya mulai inisiatif untuk sehat dengan melakukan senam, lalu mengajak para bapak- bapak dan ibu- ibu di RW 10 Suronegaran, dan terbentuklah group senam sehat ini dengan melakukan melakukan kegiatan senam sehat di setiap Minggu pagi,” bebernya.

Selain untuk kesehatan badan, senam sehat digelar sebagai sarana untuk geguyuban warga di RW 10 Suronegaran.

“Ya biar bisa sehat, badan bergerak dan tidak kaku, dan intinya untik geguyuban antar warga di RW 10,” ujarnya.

Dirinya berharap ke depan bisa bertambah banyak peserta yang ikut dalam kegiatan senam sehat itu, selain untuk mempererat persaudaraan warga juga untuk menyehatkan badan, utamanya bagi para lansia.

“Ada yang menarik dalam kegiatan senam sehat di setiap Minggunya, yaitu ada ada door price untuk menarik para peserta, kadang ada kompor gas, magic com, setrika listri, dan lain- lain, intinya untuk geguyuban warga dan badan menjadi sehat,” pungkasnya.(P24/Wid)