Usai Rombongan Perangkat Desa Brenggong Wisata ke Dieng, 79 Orang Positif dan 3 Orang Meninggal Dunia

oleh -
Satgas Covid-19 Kabupaten Purworejo saat meninjau desa Brenggong
Satgas Covid-19 Kabupaten Purworejo saat meninjau desa Brenggong
head banner Universitas Putra Bangsa Kebumen

PURWOREJO, Purworejo24.com – Sebanyak 79 warga Purworejo terpapar virus Corona atau COVID-19 dan tiga di antaranya meninggal dunia. Atas kejadian tersebut satgas Covid-19 Kabupaten Purworejo bersama pihak terkait mengadakan rekor penanganan di daerah tersebut. Rapat koordinasi penanganan Covid 19 di Desa Brenggong Kecamatan Purworejo dihadiri beberapa unsur antara lain Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito, S.I.K, S.H, M.Si, Dandim 0708 Purworejo Letkol Inf Lukman Hakim, S.Sos, Kepala BPBD Purworejo Drs. Sutrisno. MM, Kadinkes Purworejo Dr. Sudarmi. MM, PJU Polres Purworejo dan Forkompimcam Purworejo.

AKBP Rizal Marito menjelaskan 79 orang tersebut merupakan warga Desa Brenggong, Kecamatan Purworejo. Diketahui, sebelumnya tercatat ada 36 orang termasuk kades dan perangkatnya telah melakukan perjalanan wisata ke Dieng Wonosobo pada tanggal 29 Mei 2021. Usai mengikuti acara tersebut, salah seorang peserta wisata merasakan gejala mirip COVID-19 hingga akhirnya memeriksakan diri ke Puskesmas Cangkreplor.

“Kantor Desa Brenggong mulai tanggal 7 Juni 2021 ditutup dan pelayanan di Rumah Kasi Pemerintahan bapak Sulistyo Nugroho,” katanya usai mengikuti rakor di Balai Desa Brenggong pada Kamis (10/06/2021)

Pihaknya menambahkan saat ini jumlah warga yang telah diperiksa mencapai 113 orang dengan hasil 79 orang dinyatakan positif, 4 orang dirawat di RS CITRO WARDOYO dan 2 orang meninggal sementara itu 30 orang menunggu hasil pemeriksaan yang telah dilakukan oleh satgas covid-19. Rizal menjelaskan PPKM Mikro Desa Brenggong, dan Satgas Jogo tonggo telah memberikan bantuan logistik kepada warga yang menjalankan isolasi mandiri. Pihak desa juga melakukan pemasangan stiker yang bertuliskan isolasi mandiri ditempelkan dirumah-rumah tempat isolasi mandiri.

“Penyemprotan desinfiktan, membagikan masker dan vitamin kepada warga Desa Brenggong serta kegiatan masyarakat yang sifatnya mengumpulkan orang dihentikan,” katanya.

Sementara itu Pemkab Purworejo telah telah menyiapkan ruang isolasi mandiri terpusat di Purworejo. Diantaranya di bangsal Bougenville, RSUD Tjitro Wardoyo dengan kapasitas 66 tempat tidur, serta Gedung Kesenian WR Supratman dengan kapasitas 100 tempat tidur.

“Melaksanakan evakuasi pasien terkonfirmasi untuk dilaksanakan isolasi mandiri terpusat di Bangsal Bogenvil RSUD Tjitro Wardoyo Purworejo,” pungkas Kapolres. (P24-Bayu/Nuh)