Penyekatan Dilakukan, Posko Gabungan di Purworejo Siap Memutarbalikkan Pemudik

oleh -
Posko gabungan penyekatan arus mudik di Dadirejo Bagelen
Posko gabungan penyekatan arus mudik di Dadirejo Bagelen
head banner Universitas Putra Bangsa Kebumen

PURWOREJO, purworejo24.com – Pemerintah melakukan pembatasan mudik di setiap daerah mulai tanggal 06-24 Mei 2021, untuk mengantisipasi meningkatnya Covid-19 di Indonesia. di Purworejo sendiri ada 1 titik penyekatan gabungan dan 10 titik penyekatan di jalan-jalan arteri.

Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito menjelaskan dari 14 pos penyekatan di Jawa Tengah, Kabupaten Purworejo memiliki 1 pos penyekatan terpadu untuk memutar balikkan pemudik yang tidak memenuhi syarat perjalanan. Di lokasi pos tersebut juga akan didirikan pos satgas Covid-19 serta pos PPKM.

“Dari 14 titik di Jawa Tengah terkait dengan titik-titik penyekatan bahwa Purworejo punya 1 titik penyekatan arus mudik yaitu di daerah Bagelen perbatasan dengan Kulon Progo,” katanya kepada purworejo24.com.

Rapid test di Posko gabungan penyekatan arus mudik di Dadirejo Bagelen
Rapid test di Posko gabungan penyekatan arus mudik di Dadirejo Bagelen

Rizal menambahkan pada pos tersebut juga akan diterjunkan tim gabungan dari kepolisian, TNI, dinas perhubungan, Satpol PP, serta dinas kesehatan. Menurutnya semua yang melewati pos tersebut akan diperiksa kelengkapannya perjalanannya dan akan diputar balikkan mulai tanggal 06 Mei 2021 mendatang.

“Kita juga akan melakukan pemeriksaan Rapid Test yang saat ini melakukan mudik, mulai tanggal 5 kita akan memutar balikkan orang luar yang masuk ke Purworejo,” katanya.

Pihaknya menambahkan dari kepolisian sendiri akan membuat setidaknya 10 pos untuk memantau Arus Mudik 2021 yang berada di dalam kota maupun di perbatasan-perbatasan. Hal tersebut guna mengantisipasi beralihnya pemudik dari jalur utama ke jalur-jalur arteri di perbatasan Purworejo dan kabupaten tetangga seperti perbatasan dengan Kabupaten Kebumen, Wonosobo dan Magelang dan Kulon Progo.

“Jadi nanti kita ada 10 pos, terdiri dari 5 pos pengamanan dan 5 pos pantau baik di dalam kota seperti terminal dan stasiun kereta api maupun di jalan arteri seperti di Kaligesing (perbatasan dengan Kulon Progo), Bruno (perbatasan dengan Wonosobo) dan di Butuh (perbatasan dengan Kebumen),” tegasnya.

Sementara itu Deasy Ari Wulandari,S.E, M.M Kepala Bidang Lalu lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo menjelaskan dari dinas perhubungan sendiri akan menurunkan puluhan personil untuk mengamankan arus mudik 2021 kali ini.

“Posko Dishub 1 di Dadirejo Bagelen bersama tim gabungan kita akan menerjunkan 44 personil,” katanya. Kepada purworejo24.com pada Sabtu (01/05/2021).(P24/Bayu)