Jalan Purworejo-Magelang Tertutup Tanah Longsor, BPBD Purworejo Terjunkan Alat Berat

oleh -
BPBD Purworjeo menurunkan satu unit alat berat untuk memebrsihkan amterial tanah longsor di Desa Ketosari Kecamatan Bener, Purworejo.
BPBD Purworjeo menurunkan satu unit alat berat untuk memebrsihkan amterial tanah longsor di Desa Ketosari Kecamatan Bener, Purworejo.

BENER, purworejo24.com – Tanah longsor dan pohon tumbang di Desa Ketosari Kecamatan Bener menutup total akses jalan Provinsi Purworejo-Magelang KM 17 pada Selasa(9/3/2021) malam. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo pun menerjunkan alat berat untuk membantu proses pembersihahan material longsor yang menimpa bahu jalan.

Kusairi, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Purworejo mengatakan, longsoran yang berupa rumpun bambu yang melintang jalan tersebut mengakibatkan akses jalan tertutup total dan membuat kemacetan parah dijalur tersebut. Pihaknya bersama warga setempat akhirnya bergotong-royong untuk membersihkan jalan agar dapat dilalui kendaraan bermotor.

“Saat ini alat berat Backhoe sedang perjalanan ke lokasi,” katanya kepada purworejo24.com saat dikonfirmasi pada Selasa (09/03/2021).

Pihaknya menambahkan karena saking banyaknya material ia mengaku harus menerjunkan alat berat untuk mempermudah proses pembersihan. Pembersihan juga melibatkan warga, Babinsa, serta Koramil didaerah tersebut.

“Tadi info belum lengkap, biasanya di lokasi Ketosari hanya rumpun bambu yang longsor sehingga yang berangkat sekitar 5 orang,” katanya.

Sampai saat ini pembersihan material longsor masih berjalan untuk membuka akses jalan yang tertutup material lonngsor dan pohon tumbang. Hujan yang mulai mengguyur wilayah Purworejo sejak sore mengakibatkan sedikitnya 3 lokasi terjadi pohon tumbang dan tanah longsor sekitar pukul 19.00 WIB. Tiga lokasi tersebut berada di ruas jalan Provinsi Purworejo- Magelang KM 17 Desa Ketosari, KM 14 Desa Bener dan di desa Kalijambe.

“Saat ini kita kirim backhoe, Mudah-mudahan bisa masuk lokasi, Rekan-rekan sudah koordinasi dengan polsek, koramil dan desa untuk bantu buka jalan buat bachoe dan dumptruck,” katanya.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat khususnya pengguna jalan yang akan melewati lokasi terjadinya longsor untuk berhati-hati.

“Warga harus berhati-hati di musim penghujan rawan longsor dan pohon tumbang,” tandasnya. (P24-Bayu)