Manfaatkan Penutupan Obyek Wisata, Taman Sidandang Kembangkan Fasilitas

oleh -
Sejumlah pekerja melakuan pembangunan fasilitas di obyek wisata Sidandang
Sejumlah pekerja melakuan pembangunan fasilitas di obyek wisata Sidandang
head banner Universitas Putra Bangsa Kebumen

KALIGESING, purworejo24.com – Daya tarik obyek wisata alam Taman Sidandang di Desa Wisata Kaligono Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, sebentar lagi akan bertambah. Sejumlah fasilitas seperti jalan wisata, gasego, toilet, mushola dan lain sebagainya telah terbangun, seiring dengan dipercayakanya Desa Wisata Kaligono yang telah mendapatkan bantuan alokasi dana sebesar 500 juta dari Pemerintah Propinsi Jawa Tengah untuk mengembangkan wisata di desa itu.

Penutupan obyek wisata pada masa pandemi dimanfaatkan oleh pengelola obyek wisata untuk mengembangkan obyek wisata dengan membangun sejumlah fasilitas baru.

“Pada tahun 2020 lalu desa wisata Kaligono mendapat kepercayaan dari Pemprov Jateng melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, untuk mengelola bantuan yang khusus untuk pengembangan pariwisata dan oleh desa Kaligono dipercayakan untuk mengembangkan obyek wisata Taman Sidandang,” ungkap Koordinator Pengelola Taman Si Dandang, Kelik, saat ditemui purworejo24.com, pada Sabtu (9/1/2021).

Banprov itu, lanjutnya, sangat diperlukan untuk pengembangan obyek wisata Taman Sidandang , dan masa libur akibat dampak covid-19 ini, dimanfaatkan pengelola untuk membangun sejumlah sarana fasilitas guna menambah kenyamanan pengunjung.

“Dengan melihat berbagai masukan dari sejumlah pengunjung inilah, di masa pandemi ini kami manfaatkan untuk membenahi dan juga menambah sejumlah fasilitas diantaranya akses jalan wisata dengan batuan andesit sepanjang 395 meter, lalu membangun 9 gasebo, 9 tempat sampah yang nantinya akan kita sebar di sejumlah titik, 4 ayunan, mushola dengan bangunan alamai, 3 toilet, gedung sekretariat, dan joglo,” sebutnya.

Dikatakan, saat ini obyek wisata Taman Sidandang belum dibuka secara umum, lantaran masih dalam masa pandemi. Namun demikian, masa itu dimanfaatkan  pengelola untuk mempersiapkan segala fasilitas hingga obyek wisata dibuka lagi nantinya.

“Saat ini belum bisa di buka dan masih mencari momen. Target Februari 2021 nanti  bisa mulai buka, dengan harapan kondisi telah mengijinkan kita untuk membuka kembali obyek wisata ini,” katanya.

Disampaikan, Taman Sidandang merupakan salah satu destinasi unggulan di Kecamatan Kaligesing dan Purworejo, di lokasi itu ditawarkan beragam wisata alam mulai sungai, taman, pohon langka dan kuliner dengan menu khas Desa Kaligono yang dipasarkan di area parkir obyek Wisata Taman Sidandang .

“Berharap pandemi bisa segera berakhir pengunjung bisa mulai melepaskan kerinduan berkunjung untuk datang di lokasi Taman Si Dandang ini dan bisa lokasi ini bisa memberikan kesan baru bagi pengunjung,” harapnya.(P24-Drt)