SOG Purworejo Dideklarasikan, Gubernur Dorong SOG Jadi Sarana Tingkatkan Pariwisata dan UMKM

oleh -
Bupati Purworejo Agus Bastian mengibarkan bendera start konvoi ratusan anggota SOG Indonesia di Purworejo.
Bupati Purworejo Agus Bastian mengibarkan bendera start konvoi ratusan anggota SOG Indonesia di Purworejo.

PURWOREJO, purworejo24.com – Gubernur Ganjar Pranowo mendorong Scooter Owner Group (SOG) menjadi sarana untuk meningkatkan wisata dan pengembangan UMKM di Jawa Tengah. Hal itu disampaikan Ganjar Pranowo melalui sambutan yang dibawakan Purwanto, Kepala Dinas Porapar Provinsi Jawa Tengah dalam kegiatan deklarasi SOG Purworejo di Pendopo kabupaten setempat.

“Dengan ribuan anggotanya yang di dalamnya ada pejabat, pengusaha bahkan artis, saya pikir SOG sangat potensi membawa inspirasi dalam progamnya, terlebih sektor wisata saat ini menjadi salah satu sektor pendongkrak PAD,” katanya pada Sabtu (17 September 2022).

Ganjar juga berpesan untuk segala aktivitas positif SOG agar dipublikasikan melalui sosial media yang ada. Ia mengatakan bahwa sektor pariwisata nantinya juga turut menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Selalu kabarkan lewat media sosial, agar masyarakat bisa lebih tau bahwa SOG menjadi club motor yang humanis, dan terus memberikan dampak positif bagi masyarakat,” katanya.

President SOG Indonesia Venito Bastian yang turut hadir dalam deklarasi tersebut mengatakan, saat ini SOG sudah mempunyai 47 chapter di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, SOG juga sudah mengambah ke luar negeri yakni Malaysia, Brunei dan Singapura.

“Sudah ada 8000 an anggota, SOG ini sudah kita ada sejak 1995 yang mewadahi para scooteris untuk ajang silaturahmi,” katanya.

Sedikitnya 250 scooteris se Indonesia hadir dalam deklarasi ini. Setelah deklarasi usai, para peserta melakukan konvoi menuju kawasan objek wisata Gong Silegi di mana tempat utama acara ini digelar.

Bupati Purworejo Agus Bastian, mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan SOG Indonesia di Kabupaten Purworejo. Ia menyebut SOG dapat berkontribusi positif khususnya pada pariwisata di kabupatennya.

Bupati juga mengibarkan bendera start konvoi ratusan anggota SOG Indonesia di depan pendopo Kabupaten didampingi Purwanto dan pejabat Pemda lainnya.

“Kita sangat mengapresiasi dan semoga ke depannya SOG dapat memberikan kontribusi positif bagi Purworejo,” katanya.

Kegiatan deklarasi ini merupakan serangkaian acara Festival Budaya Gong Silegi yang digelar mulai 14-18 September 2022. Bekerjasama dengan pemerintah Desa Kemiri Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo festival budaya juga menggelar pameran UMKM di objek wisata tersebut.

Ketua panitia festival budaya, Yazid Mubasyir mengatakan, festival besar-besaran yang dilakukan kali ini juga bertujuan untuk meningkatkan kunjungan di kawasan wisata Gong Silegi. Wisata ini sempat tutup karena terdampak pandemi selama dua tahun terakhir.

“Selain dalam hal peningkatan kunjungan wisata kita juga mengangkat produk UMKM di Desa kami seperti Peyek, Geblek dan yang lainnya,” kata Yazid.

Ada puluhan UMKM yang mengisi stand-stand yang sudah disediakan panitia. UMKM tersebut diambil dari wilayah Desa Kemiri sebagai tempat digelarnya festival.

Yazid berharap event ini dapat menjadi moment kebangkitan ekonomi dan wisata pasca pandemi. Terlebih wisata Gong Silegi ini dapat menambah Pendapatan Asli Desa (PAD) Kemiri Kecamatan Gebang.

“Kita ingin menumbuhkan kembangkan budaya dan ekonomi masyarakat,” katanya. (P24-bayu)