Meriahkan Hari Lahir WR Supratman, Offroader Purworejo-Yogyakarta Camping Bersama dan Jelajahi Desa Wisata se-Kaligesing

oleh -
Komunitas offroad IOF 4x4 dan IOF 2x1 asal Purworejo dan Yogyakarta, mengikuti kegiatan Camping Ground dan Safari Jeep di Desa Ngadirejo, Kecamatan Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah
komunitas offroad IOF 4x4 dan IOF 2x1 asal Purworejo dan Yogyakarta, mengikuti kegiatan Camping Ground dan Safari Jeep di Desa Ngadirejo, Kecamatan Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah

KALIGESING, purworejo24.com – Belasan Offroader yang tergabung dalam komunitas offroad IOF 4×4 dan IOF 2×1 asal Purworejo dan Yogyakarta, mengikuti kegiatan Camping Ground dan Safari Jeep di Desa Ngadirejo, Kecamatan Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah, pada Jumat tanggal 18 Maret 2022 dan Sabtu tanggal 19 Maret 2022.

Kegiatan itu dilaksanakan guna memeriahkan peringatan hari lahirnya pahlawan nasional yang juga sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf (WR) Supratman, yang lahir di Desa Somongari Kecamatan Kaligesing.

Pada Jumat sore, dengan start dari halaman rumah Kepala Desa Ngadirejo, para offroader menjajal track offroad hingga sampai ke puncak bukit Joho atau Joho Adventure Park (JAP) Desa Ngadirejo.

Pada malam harinya mereka mendirikan tenda dan melaksanakan camping bersama di puncak bukit Joho. Dalam camping itu juga diisi sejumlah kegiatan berupa penyalaan api unggun, orasi budaya tentang kepahlawanan WR Supratman, dan menikmati Sunset di puncak bukit Joho.

Pada Sabtu pagi mereka melaksanakan tracking sun rise di bukit Watu Tumpang dan melakukan observasi berupa penanaman pohon kopi, lalu turun ke halaman rumah Kades Ngadirejo dan melaksanakan safari Jeep dengan menyusuri jalan-jalan desa wisata di Kecamatan Kaligesing hingga sampai di Memorial House WR Supratman dan kembali lagi ke Desa Ngadirejo.

“Ini dalam rangka menyemarakkan hari lahirnya Wage Rudolf Supratman sebagai pahlawan nasional sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, sekaligus mempromosikan diri wahana wisata offroad bukit Joho atau Joho Adventure Park,” ungkap Kepala Desa Ngadirejo, Agus Muzamil, saat ditemui di lokasi.

Disebutkan, ada sekitar 12 Jeep offroader yang ikut dalam camping ground. Pada pagi hari, sekitar 17-an Jeep ikut Safari Jeep dari Desa Ngadirejo dan melewati sejumlah desa wisata yang ada seperti Desa Pucungroto, Tawangsasi, Pandarejo, Kaligono lalu Somongari dan kembali lagi ke Desa Ngadirejo.

“Kenapa kita memilih kegiatan offroad karena disini merupakan salah satu potensi yang ada di Kaligesing yaitu medan di Desa Ngadirejo yang sangat cocok untuk kegiatan offroad, camping dan tracking, dan ini kali pertama dilakukan di Desa Ngadirejo hingga mereka sampai puncak Joho. Selain bisa menikmati keindahan bukit Joho mereka sekaligus berwisata disini,” jelasnya.

Menurutnya, melihat dari medan yang ada di kawasan Perhutani dengan luas sekitar 43 hektar dari perbatasan Desa Tridadi dan Pucungroto, Desa Ngadirejo sangat potensi sekali untuk dikembangkan sebagai wahana offroad.

“Kita kepingin sekali lokasi itu bisa menjadi track atau sirkuit bagi offroader yang terbaik di Purworejo, syukur di Jawa Tengah bahkan di Indonesia. Dengan medan yang kita sediakan baik untuk fun, setengah ekstrim dan ekstrim serta super ekstrim InsyaAllah akan ada disini, apalagi ini ada di kawasan penyangga BOB, dekat dengan bandara YIA, dengan Borobudur dengan Bendung Bener.

Apalagi sebentar lagi akan ada jalur tol di Purworejo, jadi kita sangat mungkin, dengan menyiapkan track yang bagus yang mantab yang Insya Allah nanti bisa dimanfaatkan bagi offroader baik 4 x 4, jeep maupun 2×1, trail, tracking, camping dan lain sebagainya di Desa Ngadirejo ini,” ujarnya.

Adapun fasilitas saat ini yang telah disediakan, diantaranya kamar mandi, Mushola, tempat rilek dan akses jalan yang terus diperbaiki serta sinyal komunikasi ponsel yang bagus di lokasi itu.

“Harapannya semua pihak baik seluruh masyarakat, pemerintah, maupun wisatawan secara umum baik lokal maupun interlokal bahkan mancanegara silakan untuk bisa mencoba atau njajal suasana bukit Joho Adventure Park ini.

Sehingga kita minta doa dan dukungannya mudah-mudahan di Ngadirejo ini tumbuh berkembang potensi wisata yang bisa dimanfaatkan untuk masyarakat secara umum sehingga kita bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” harapnya.

Ketua Dewan Pengawas IOF Pusat, Harjanto, bersama Ketua IOF Pengcab Purworejo, Muh Mustofa, dan Ketua IOF 2×1 Purworejo, Nurmansyah Alami, yang turut serta dalam kegiatan itu mengaku senang dan apresiasi terhadap Pemdes Ngadirejo, yang telah membuka wahana offroud di Desa Ngadirejo.

“Ternyata di sini ada bukit bagus dan mobil bisa sampai disini dan kita telah membuktikan meskipun karena bekas hujan dan kondisi tanah jadi lembek mereka jadi agak kesusahan tapi bila terang akan jadi gampang sampai sini, jadi kebetulan selain dalam rangka memperingati WR Supratman kita juga ingin ikut mempromosikan bukit Joho ini sebagai wisata yang bagus di Purworejo,” kata Harjanto.

Muh Mustofa mengatakan, dirinya sengaja ikut nginep dan menggelar camping bersama keluarga untuk menikmati keindahan puncak Joho

“Kesan track bagus selain harus tactical juga kendaraan harus siap cuman memang ada beberapa track yang perlu pembenahan. Semoga ke depannya potensi wisata yang bagus ini bisa lebih dikembangkan lagi. Banyak lokasi wisata minat khusus di sini yang bisa dikembangkan menjadi potensi wisata yang bagus, seperti offroad, trail, camping dan lainnya,” katanya.(P24/wid)