Mencari Sehat yang Menyenangkan, Warga Suronegaran Gelar Senam Sehat di Pantai Dewaruci

oleh -
grup senam sehat Suronegaran, Kelurahan/Kecamatan Purworejo, Purworejo, Jawa Tengah, menggelar kegiatan senam sehat bersama di lokasi obyek wisata pantai Dewaruci Desa Jatimalang
grup senam sehat Suronegaran, Kelurahan/Kecamatan Purworejo, Purworejo, Jawa Tengah, menggelar kegiatan senam sehat bersama di lokasi obyek wisata pantai Dewaruci Desa Jatimalang

PURWODADI, purworejo24.com – Puluhan ibu-ibu lansia yang tergabung dalam grup senam sehat Suronegaran, Kelurahan/Kecamatan Purworejo, Purworejo, Jawa Tengah, menggelar kegiatan senam sehat bersama di lokasi obyek wisata pantai Dewaruci Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, pada Minggu tanggal 13 Maret 2022.

Mereka melakukan olah raga senam sehat bersama sekaligus refresing di lokasi wisata dengan melihat keindahan Pantai Dewaruci. Tak hanya menjadi sehat, dengan mengunjungi lokasi wisata turut mempromosikan lokasi wisata andalan Purworejo.

Suasana menjadi semarak dengan dibagikannya puluhan doorprice kepada sejumlah peserta yang datang. Usai melakukan senam mereka kemudian berwisata dan menikmati hidangan santab siang bersama yang telah disiapkan.

Turut hadir dalam kegiatan senam sehat itu Lurah Purworejo, Sutarto, dokter Jayanti, sejumlah ketua RT dan warga RW 10 Kelurahan Suronegaran.

“Senam sehat merupakan salah satu aktivitas untuk menjaga kesehatan tubuh yang tidak memerlukan biaya, bahkan dapat dilakukan dimana saja, seperti yang dilakukan oleh ibu-ibu Suronegaran ini,” kata dokter Jayanti, usai ikut senam sehat di pantai Dewaruci.

Menurut dokter Jayanti, dengan senam sehat bisa untuk menggerakkan tubuh bagi para lansia,  lansia yang identik dengan keropos tidak kemana-mana dan biasa hanya berkumpul untuk ngrumpi, dengan mengikuti senam bisa menjadi sehat dan senang serta memiliki pikiran yang sehat dan positif saat berkumpul dengan teman sebayanya.

“Makanya kalau diadakan senam ini selain untuk menggerakkan semua tubuh sehingga metabolisme menjadi bagus, aliran darahnya menjadi bagus, kemudian menjadi sehat  juga pikirannya. Sehat karena kumpul dengan teman-teman itu seneng karena imunitasnya menjadi meningkat, sehingga orang-orang yang mau berkumpul di sini tidak membicarakan hal yang negatif tetapi membahas hal-hal yang positif.

Selain itu dengan adanya senam seminggu sekali juga ada konsultasi kesehatan tentang segala macam penyakit dan mereka bisa ikut menceritakan apa penyakitnya apa pencegahan penyakitnya dan mereka berkomunikasi bersama untuk kemajuan Suronegaran,” ujarnya.

Dengan ikut bersama datang melakukan senam sehat bersama di lokasi wisata, selain tubuh menjadi sehat mereka menjadi senang.

“Seneng karena dalam hidup no satu adalah seneng untuk meningkatkan imunitas tubuh kalau dirumah ada apa-apa dengan datang kesini menjadi senang. Karena menurut saya hidup itu yang pertama ya senang lalu kesehatan dan mkanan juga perlu dengan memilih jenis makanan yang sehat dan bergizi yang bermanfaat bagi para lansia,” jelasnya.

Dokter Jayanti berharap kedepan warga lain di Purworejo bisa ikut dalam kegiatan senam itu, dan selain tubuh menjadi sehat semua, kegiatan itu bermanfaat bagi orang lain.

Ketua RT 04 Suronegaran, Nurmiasih Jazuli, mengatakan, kegiatan senam sehat dilaksanakan dilokasi tempat wisata baru pertama kali dilakukan olehnya. Mereka secara rutin dilaksanakan senam sehat pada setiap Minggu pagi dihalaman rumah dokter Jayanti.

“Ini juga untuk mempererat tali silaturohim antar warga di RW 10 Suronegaran, dan ini baru yang pertama dilaksanakan di wisata pantai, mengingat kemarin masih masa pandemi. Mungkin nanti sehabis lebaran akan kita bikin program lagi dengan melaksanakan senam sehat di lokasi wisata lain,” katanya.

Sementara itu, Lurah Purworejo, Sutarto, yang turut serta dalam senam sehat itu mengaku senang bisa ikut dan mengapreasiasi kegiatan warga RW 10 Suronegaran.

“Ini dilakukan disini ingin refresing dengan mencari suasana yang lebih nyaman karena sekarang covid sudah melandai maka kita agendakan di lokasi ini,” katanya.
Dalam melaksanakan kegiatan itu, warga melakukan kegiatan secara swadaya mandiri.

“Sementara ini swadaya karena dari kelurahan belum ada sumber dana maka mereka secara swadaya untuk perjalanan ke Jatimalang, semua swadaya oleh para pesenam ibu- ibu,” lanjutnya.

Sutarto berharap dengan senam sehat itu ke depan bisa meningkatkan rasa persatuan khususnya di wilayah kelurahan Purworejo.

“Selain dekat menggunakan tempat wisata yang sudah ada, ini menjadi ajang rekreasi dan ikut mempromosikan tempat wisata yang ada di Purworejo,” pungkasnya.(P24/Wid)