BUMDes Se-Purworejo Luncurkan Internet Murah

oleh -
oleh
Kontrak kerjasama penyediaan layanan internet dengan Viberlink
Kontrak kerjasama penyediaan layanan internet dengan Viberlink
Selamat Idul Fitri

PURWOREJO, purworjeo24.com – Didasari keinginan kuat untuk mencapai akses internet yang berkeadilan, menjadikan Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) melakukan kontrak kerjasama dengan penyedia layanan internet Viberlink.

Kerjasama ditandai dengan peluncuran akses internet desa dan umum, yang secara resmi dilakukan oleh Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti S.H., Selasa (17/08/2021). Kegiatan yang dipusatkan di Embung Desa Semawung Kecamatan Purworejo itu, juga dihadiri oleh Camat Purworejo Sudaryono S.Sos., perwakilan kepala desa dari beberapa kecamatan serta kehadiran secara virtual Direktur Viberlink pusat Rima Risnowati M.Des., M.A.

Hj Yuli Hastuti dalam sambutannya sangat mengapresiasi adanya program ini, apalagi di Jawa Tengah baru Kabupaten Purworejo yang melakukan kerjasama dengan Viberlink. Hal ini menunjukan keinginan kuat agar seluruh masyarakat dapat mengakses internet.

“Ada banyak area blankspot di Purworejo karena terpengaruh kondisi geografis Purworejo yang terdapat banyak pegunungan maupun lembah. Dengan adanya program ini semoga area blank spot tersebut dapat tersambung dengan kemudahan akses internet, ” ungkapnya.

Dijelaskan Wabup, momentum peluncuran layanan internet murah bersamaan dengan Peringatan HUT Kemerdekaan ini juga sangat tepat, karena menjadi simbol kemerdekaan memperoleh informasi melalui internet. Sebab di era sekarang ini, internet sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting, termasuk bagi para pelajar. Ia berharap dengan adanya internet murah ini, para pelajar akan semakin semangat dalam belajar meskipun harus secara daring.

“Saya hanya berpesan agar kita semua bijak dalam menggunakan internet, karena selain manfaat yang sangat besar juga terdapat sisi negatif apabila tidak digunakan secara benar”, harapnya.

Sementara itu Rima Risnowati mengatakan, selain untuk kemajuan teknologi di masa digital ini, Viberlink juga mempunyai tarif yang murah dan sangat terjangkau untuk rakyat kalangan menengah kebawah. Sehingga di masa pandemi yang sulit dan serba virtual ini, keterjangkauan akses internet sangat membantu masyarakat.

“Kerjasama dengan Bumdes juga akan menimbulkan efek peningkatan ekonomi dari pendapatan asli desa (PAD) yang tentu saja mampu meningkatkan kekuatan ekonomi di desa”, ungkapnya.

Disisi lain, dirinya juga berkomitmen agar program ini dapat selesai di Kabupaten Purworejo sebelum berpindah ke kabupaten lain, walaupun memang permintaan dari daerah lain khususnya di Jawa Tengah sudah banyak.(P24/Hms)