Resmi Dilantik, Kusnomo Nahkodai IPSI Purworejo

oleh -
Pelantikan Pengurus IPSI Kabupaten Purworejo. (29/9/2020)
Pelantikan Pengurus IPSI Kabupaten Purworejo. (29/9/2020)
head banner Universitas Putra Bangsa Kebumen

PURWOREJO, purworejo24.com – Pengurus Kabupaten (Pengkab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Purworejo periode 2020 – 2024, resmi dilantik, Selasa (29/9/2020) di Gedung PKPRI. Dibawah nahkoda Kusnomo, IPSI optimis mampu lahirkan atlet-atlet berprestasi.

Wakil Ketua 2 IPSI Setyo Budi membacakan sambutan Ketua Umum, Kusnomo menjelaskan pencak silat merupakan warisan leluhur yang di dalamnya memuat aspek mental dan spiritual budaya bangsa. Olehnya melalui wadah organisasi yang resmi dilantik, pihaknya akan terus melakukan trobosan dan komitmen melakukan pendampingan para atlet.

“Perjalanan panjang dimulai hari ini, setelah beberapa waktu sebelumnya vakum. Pada kesempatan ini melalui kepengurusan IPSI yang baru periode 2020 hingga 2024 akan berusaha semaksimal mungkin, merangkul keberagaman, kebersamaan dan kekompakan,” ungkapnya kepada purworejo24.com.

Pelantikan Pengurus IPSI Kabupaten Purworejo. (29/9/2020)
Pelantikan Pengurus IPSI Kabupaten Purworejo. (29/9/2020)

Pihaknya mengatakan kedepan IPSI Purworejo akan lebih baik dengan membina atlet-atlet yang berprestasi. Di Purworejo menurutnya tidak sulit mencari atlet berbakat dan sudah terbukti dalam gelaran silat tingkat provinsi dan nasional.

“IPSI Purworejo akan terus memberikan yang terbaik, sehingga menghasilkan prestasi atlet seperti tahun-tahun yang lalu,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Purworejo, Sukmo Widi Harwanto pada kesempatan tersebut mengatakan olah raga bela diri Pencak Silat Purworejo telah menorehkan prestasi yang gemilang.

“Dua (2) kali kejuaraan nasional (kejurnas) yang diselenggarakan di Yogyakarta berhasil menyumbang 4 (empat) medali emas dan kejurnas di Bandung mendapat 5 medali emas,” ujarnya.

Sukmo menambahkan Pencak Silat merupakan cabang olahraga (cabor) unggulan, dimana banyak prestasi atlet yang mendapatkan kejuaraan ekspedisi juga pada kejuaraan pekan olahraga nasional (PON) maupun Popda.

“Semoga pengurus baru bisa mewarnai dan bisa meningkatkan prestasi. Harapan pembinaan Pencak Silat bisa terus dilaksanakan, dana bantuan sebagai darah segar untuk lebih memacu Pencak Silat,” harap Sukmo.

Selain itu, Ketua Umum Pengurus Propinsi (pengprop) IPSI Jawa Tengah, Hari Nuryanto Sudiro berharap Pengkab IPSI Purworejo mampu melahirkan atlet-atlet profesional yang didukung dengan kemampuan yang baik.

“Kita bisa bersama-sama menyemai atlet untuk nyumbang atlet berprestasi di kancah nasional maupun internasional, pada PON di tahun sebelumnya Pencak Silat Jateng mampu menyumbang 3 medali emas. Harapanya semoga besok bisa lahir atlet-atlet berprestasi dari Purworejo,” tandasnya. (P24-Bayu)