, ,

Rentan Terkena Virus, Tim Medis Covid-19 Minta Masyarakat Jujur dan Terbuka

oleh -
oleh
Jurnalis Perempuan Purworejo menyerahkan bunga sebagai bentuk dukungan kepada Tim Medis Covid-19. (21/4/2020)
Jurnalis Perempuan Purworejo menyerahkan bunga sebagai bentuk dukungan kepada Tim Medis Covid-19. (21/4/2020)
Selamat Idul Fitri

PURWOREJO, purworejo24.com- Tim Medis merupakan pejuang di tengah wabah Corona(Covid-19). Karena itulah, dalam rangka memperingati Hari Kartini sekaligus HUT Jaringan Jurnalis Perempuan (Jupe) Jawa Tengah ke-11, Jupe Purworejo memberikan bunga sebagai simbol dukungan kepada para tim medis atau tenaga kesehatan (Nakes).

Secara simbolis bunga diberikan kepada Tim Medis di RSUD Tjitrowardoyo pada Selasa (21/4/2020) pagi. yang diterima oleh Dirut RSUD drg Gustanul Arifin, Wadir Bidang Pelayanan dr. Ika Indah, SPKj dan beberapa perawat. Kemudian dilanjutkan dengan menyerahkan bunga di Posko covid-19 Pemkab Purworejo di Kantor Dinas Kesehatan Purworejo yang diterima juru bicara dr Darus.

“Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dari rekan-rekan jurnalis perempuan kepada kami. Semoga pandemi ini segera berakhir,” kata Gustanul.

Wadir Bidang Pelayanan dr Ika Indah, menambahkan, setidaknya terdapat 250-an tenaga medis perempuan yang bekerja di RSUD, para tenaga kesehatan itu lah yang bersinggungan langsung baik dengam pasien positif Covid-19 maupun keluarga pasien, yang sangat rentan tertular virus.

“Saya menghimbau kepada segenap warga masyarakat bahwa kejujuran dalam memberikan informasi kepada petugas kesehatan sangat kita harapkan, karena dengan kejujuran itulah yang bisa memutus mata rantai penyebaran virus corona,” kata dr Ika.

Pihaknya meminta, pasien, keluarga pasien atau bahkan warga masyarakat yang datang ke RSUD untuk bisa membrikan informasi yang jelas dan jangan menyembunyikan dampak penyebaran virus corona kepada petugas karena sangat beresiko menular.

“Petugas medis atau kesehatan itu hanya melayani maka dengan kejujuran itu bisa diatasi. Kepada setiap pasien atau keluarga pasien dan masyarakat yang datang di rumah sakit ini, maka berikanlah jawaban yang jujur,” ujarnya.

Jurnalis Perempuan Purworejo membagikan nasi bungkus kepada para pedagang di Pasar Baledono Purworejo.
Jurnalis Perempuan Purworejo membagikan nasi bungkus kepada para pedagang di Pasar Baledono Purworejo.

Untuk mengantisipasi penyebaran dan penularan di lingkungan RSUD, pihaknya telah membuat sejumlah program diantaranya semua pengunjung hanya 1 bila rawat jalan beserta yang sakit, termasuk yang rawat inap juga hanya boleh 1 orang yang menunggui, tidak boleh berganti-ganti yang menunggui.

“Semua ruangan disemprot dengan disinfektan dan diharapkan semua cuci tangan dengan bersih, menjaga jarak dalam antrian, dan semua pengunjung wajib pakai masker jika tidak punya kami bagikan secara gratis,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan Jupe Purworejo, Marni, Yudia dan Wahyunik, mengatakan bahwa, aksi kali ini memang khusus didedikasikan buat para nakes. Jupe juga meminta agar tidak ada lagi stigma negatif bagi para tenaga medis yang merawat para pasien Covid-19.

Tak hanya memberikan bunga kepada petugas kesehatan, Jupe Purworejo juga membagikan nasi bungkus kepada para pedagang di Pasar Baledono Purworejo.(P24-Drt)