Tahun 2022, 309 Calon Haji Purworejo Siap Diberangkatkan

oleh -
Calon jamaah haji purworejo saat kegiatan manasik haji beberapa waktu lalu.(Foto Dok)
Calon jamaah haji purworejo saat kegiatan manasik haji beberapa waktu lalu.(Foto Dok)

PURWOREJO, purworejo24.com – Setelah beberapa tahun tak bisa berangkat akibat pandemi Covid-19, sebanyak 309 calon jemaah haji (Calhaj) asal Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, dipastikan siap diberangkatkan pada musim haji tahun 2022 ini.

<

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, H. Herman Susilo, saat dikonfirmasi mengatakan, untuk Kabupaten Purworejo ada 309 orang yang telah ditetapkan sebagai calon haji dan akan diberangkatkan pada musim haji tahun ini.

Dari 309 calhaj yang telah ditentukan itu, saat ini masih dilakukan konfirmasi pembayaran pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH).

“Saat ini masih dalam tahap konfirmasi pelunasan, setelah konfirmasi pelunasan selesai dilanjutkan manasik haji di KUA Kecamatan dan ditutup manasik massal di Kabupaten sambil menunggu pembagian kloter yang sampai sekarang belum diturunkan,” ungkapnya, saat dikonfirmasi pada Kamis tanggal 12 Mei 2022.

Dikatakan, Kloter pertama rencana akan diberangkatkan pada tanggal 4 Juni 2022 mendatang, yang artinya pada tanggal 3 Juni 2022, Calhaj harus sudah masuk embarkasi.

“Yang sekarang masih berjalan yaitu seleksi PHD di Semarang, juga seleksi pembimbing dari KBIHU. Juga nantinya ada pembinaan Karu dan Karom,” katanya.

Disampaikan, Calhaj yang diberangkatkan, masih diberlakukan prosedur pemeriksaan Corona Virus. Calhaj wajib mengikuti vaksin, dan tentunya protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Arab Saudi.

“Syarat konfirmasi pelunasan ini minimal adalah vaksin 1, kalau terdeteksi belum vaksin akan terblokir,” tegasnya.

Dijelaskan, berdasarkan surat edaran Dirjen PHU nomor  06005 tahun 2022 tentang penetapan jamaah haji reguler berhak konfirmasi pelunasan dan pembayaran pelunasan tahun 1443 H/ 2022 M, dinyatakan bahwa biaya perjalanan haji (BIPIH) untuk Calhaj reguler Embarkasi Solo (SOC) sebesar Rp40.262.721.

Jamaah haji berhak lunas segera melakukan konfirmasi pelunasan langsung melalui bank penerima setoran BIPIH pada masing- masing jamaah pada tanggal 9 Mei sampai dengan 20 Mei 2022 setiap hari kerja.

“Setelah melakukan pelunasan, jemaah dimohon mengumpulkan bukti pelunasan BIPIH dan 2 lembar fotocopy KTP di kantor Kementrian Agama Purworejo,” jelasnya.(P24/Nuh)

Tinggalkan Balasan