Sambut Peringatan Hari Lahir WR Supratman, Jagongan Kaligesingan Bahas Sejumlah Kegiatan

oleh -
Peserta diskusi santai Jagongan Kaligesingan berfoto bersama.
Peserta diskusi santai Jagongan Kaligesingan berfoto bersama.

PURWOREJO, purworejo24.com – Sejumlah kegiatan dalam rangka menyambut dan mengisi peringatan hari lahirnya komposer lagu Indonesia Raya yang juga sebagai pahlawan nasional asal Purworejo Jawa Tengah, Wage Rudolf Supratman, menjadi tema besar diskusi santai Jagongan Kaligesingan, di rumah Kepala Desa Ngadirejo, Agus Muzamil, pada Jumat 14 Januari 2022 malam.

<

Gagasan atau ide berbagai kegiatan akan dilaksanakan guna mengisi peringatan hari lahir WR Supratman, pada bulan Maret 2022 mendatang, yang lahir di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing.

Tak hanya di Desa Somongari, rencana kegiatan itu juga akan di lakukan di desa lain, termasuk di Desa Ngadirejo dan pendopo Kabupaten Purworejo, sebagai spirit perjuangan WR Supratman untuk mengangkat potensi wisata dan ekonomi yang ada di Kabupaten Purworejo.

Baca juga: GOR WR Supratman Tukar Nama dengan Gedung Kesenian Sarwo Edi Wibowo

Hadir dalam diskusi itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo, Stephanus Aan Isa Nugroho, Ketua Dewan Pengawas Indonesia Off Road Federation (IOF) Pusat, Harjanto, Ketua Patco Purworejo, Nurmansyah, Camat Kaligesing, Wahyu Jaka Setianta, Kepala Desa Sumongari, pegiat wisata Kecamatan Kaligesing, tokoh masyarakat dan karang taruna Desa Ngadirejo.

“Alhamdulillah, malam ini di Desa Ngadirejo telah diadakan diskusi santai Jagongan Kaligesingan, dengan tema dalam rangka mencari gagasan, mencari usulan, mencari informasi di mana sebentar lagi akan masuk bulan Maret, di mana kita akan memperingati hari lahir WR Supratman”, ujar Kepala Desa Ngadirejo, Agus Muzamil.

“Kali ini tidak hanya akan dilakukan di Desa Somongari saja yang menjadi desa kelahiran tetapi untuk memberikan berkah bagi semuanya khususnya bagi warga Kaligesing, kami ada beberapa even hasil usulan dari Jagongan Kaligesingan yang InsyaAllah akan dikolaborasikan, dikembangkan menjadi event yang mana tidak hanya satu hari namun bisa seminggu atau lebih,” imbuhnya.

Agus Muzamil yang juga sebagai salah satu penggagas diskusi santai Jagongan Kaligesingan menyebut, rencana kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya yaitu akan diadakannya off road nasional yang di Desa Ngadirejo.

Baca juga: Peringati Hari Lahir WR Soepratman, DKP Ajak Kibarkan Merah Putih

Mereka akan bermalam di Desa Ngadirejo dengan melakukan camping ground di obyek wisata bukit Joho, lalu melakukan konservasi dengan menanam pohon, kemudian melakukan parade dengan menyusuri jalan-jalan desa menuju Memorial House WR Supratman di Desa Sumongari.

“Jadi Insya Allah nanti akan dikolaborasikan dengan hari lahir WR Supratman, yaitu dalam rangka menggali potensi wisata Desa Ngadirejo dan ini juga sangat bersinergi dalam rangka menyemarakkan Harlah WR Supratman,” ujarnya.

Selain itu, guna mengangkat potensi yang ada di wilayah Kecamatan Kaligesing, dalam perjalanan menuju Desa Sumongari, offroader akan mampir di setiap desa yang dilalui, guna mengetahui potensi desa yang dimiliki.

“Juga ada usulan nanti akan dilempar ke desa-desa yang dilalui, agar bagaimana untuk ada semacam check point, misal dari Ngadirejo nanti mampir ke Pucungroto, lalu ke Ngargosari dan desa-desa yang ada di Kaligesing ini, dan nanti ada check point apa yang bisa ditampilkan yang akan dilalui oleh para offrouder, sehingga dengan hari kelahiran WR Supratman ini nantinya bisa menjadi berkah bagi Kaligesing, Purworejo dan Indonesia secara umum,” bebernya.

Baca juga: Baksos, DWP KemenPANRB Ajak Gali Potensi Kaligesing

Kegiatan lainnya, lanjutnya, pada hari kelahiran WR Supratman pada 19 Maret, akan dilakukan serangkaian acara di Desa Somongari, yaitu malam tirakatan di rumah Memorial House WR Supratman, napak tilas, forum komunikasi wisata Jawa Tengah dan kegiatan lainnya.

“Harapan banyak potensi wisata dan ekonomi di Kaligesing ini menjadi terangkat, yaitu mendukung pemerintah dalam rangka pemulihan setelah pandemi Covid-19,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo, Stephanus Aan Isa Nugroho, mengaku terkesan dan apresiasi dengan dilaksanakannya diskusi santai Jagongan Kaligesingan itu.

Kegiatan itu menjadi embrio yang sangat hebat yang dibangun oleh masyarakat Kaligesing secara sendiri yaitu untuk menguatkan banyak gagasan dan ide-ide positif untuk membangun Purworejo.

“Tema malam ini mengerucut pada kesiapan untuk festival WR Supratman, bagaimana potensi WR Supratman sebagai pencipta lagu Indonesia Raya yang lahir di Kaligesing dijadikan sesuatu untuk mengangkat pariwisata lokal, ekonomi lokal daerah Kaligesing, tidak hanya di Desa Somongari tapi di seluruh Kaligesing dan syukur nanti bisa dikolaborasikan menjadi salah satu daya tarik Purworejo secara tingkat kabupaten.

Capaian Vaksin Rendah, BINDA Jateng Gencarkan Vaksin di Purworejo

“Banyak ide yang muncul, dengan semangat yang luar biasa yang nanti akan muncul sebuah konsep untuk mengisi kegiatan di bulan Maret utamanya dalam mengisi peringatan hari lahirnya WR Supratman,” katanya.

Diungkapkan, guna mendukung hal itu, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo, sudah memasukkan festival WR Supratman dalam rangkaian hari jadi Purworejo ke 191.

Dengan dimasukkannya festival WR Supratman itu bisa dikolaborasikan menjadi atraksi pariwisata yang berkesinambungan dan terpadu antar stekholder yang ada di Purworejo.

“Kita akan mengagendakan satu event atau satu kegiatan dengan judul konser Indonesia Raya, memang filosofi dari konser Indonesia Raya ini adalah menjaga keberagaman, merajut kembali kebhinekaan, merawat kebangsaan, lahir dari ide seorang Wage Rudolf Supratman yang menciptakan lagu Indonesia Ray”, ujar Aan.

“Mudah-mudahan itu bisa kita wujudkan melalui karya-karyanya, baik dari sisi musik, puisi dan beberapa karya seni lain yang akan ditampilkan oleh seniman lokal Purworejo di malam konser Indonesia Raya nantinya. Dan untuk rangkaian besarnya nanti akan dirumuskan lebih lanjut oleh teman-teman yang tergabung dalam Jagongan Kaligesing ini,” jelasnya.

Aan berharap kegiatan itu bisa menjadi kalender event sepanjang tahun. Dengan kegiatan itu bukan saja untuk mengangkat Kaligesing atau Purworejo namun juga untuk Indonesia.(P24/Wid)