Sandiaga Uno Beri Sebutan “New Zealand Van Java” untuk Desa Pandanrejo Kaligesing

oleh -
Menparekraf Sandiaga Uno mneyerahkan simbolis sejumlah bantuan kepada pengelola Desa Pandanrejo, Selasa (13/10/2021)
Menparekraf Sandiaga Uno mneyerahkan simbolis sejumlah bantuan kepada pengelola Desa Pandanrejo, Selasa (13/10/2021)

PURWOREJO, Purworejo 24.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberi sebutan baru untuk Desa Wisata Pandanrejo yaitu “New Zealand Van Java”.

Hal itu terungkap saat kunjungannya ke desa wisata yang terletak di Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo. Saat meninjau lokasi desa wisata Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan bahwa peternakan di Desa Wisata Pandanrejo tergolong cukup maju hal itu terbukti dengan banyaknya kambing Ras Kaligesing yang populasinya mencapai 5.000 ekor, sedangkan untuk penduduk Desa Wisata Pandanrejo hanya 1000-an warga. Sebutan New Zealand Van Java merupakan strategi branding Desa Wisata Pandanrejo untuk mengangkat nama Pandanrejo ke kancah nasional.

“Jumlah masyarakat nya 5 kali lebih sedikit dari jumlah Kambing Etawa yang ada disini, jadi ini menyerupai situasi (peternakan) yang ada di New Zealand,” katanya kepada Purworejo24.com pada Selasa (12/10/2021).

Menparekraf Sandiaga Uno dan Forkopimda secara bersama minum susu kambing Etawa segar yang barusan diperah.
Menparekraf Sandiaga Uno dan Forkopimda secara bersama minum susu kambing Etawa segar yang barusan diperah.

Peternakan yang ada di Desa Pandanrejo sudah menghasilkan beberapa kambing Ras Kaligesing hingga harga per ekornya bisa mencapai ratusan juta lebih. Salah satu yang memiliki harga ratusan juta adalah kambing milik Sukiswanto yang bernama Gondes dan Ferguso. Gondes sendiri pernah ditawar 250 juta sedangkan Ferguso ditawar 175 juta namun keduanya belum dilepas oleh pemiliknya.

Kedua Kambing Ras Kaligesing tersebut dibudidayakan di Desa Wisata Pandanrejo tepatnya di Padepokan Goridampyak yang juga menjadi tujuan Sandiaga Uno. Tidak hanya itu potensi Susu Kambing Ras Kaligesing juga banyak dihasilkan dari New Zealand Van Java ini, banyak peternak kambing yang memanfaatkan Susu  Kambing Ras Kaligesing sebagai minuman kesehatan.

“Enak, Susumu (kambing) masa depanku,” kata Sandiaga usai menenggak susu kambing Ras Kaligesing yang diperah langsung di peternakan.

Desa Wisata Pandanrejo masuk dalam  50 Desa Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. ADWI merupakan lomba yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Ada 1.831 peserta desa wisata dan ikut Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang terkumpul dari 34 provinsi.

“Kita akan kontakkan ke kedutaan yang ada disana (New Zealand) biar ada hubungan yang nanti bisa berhubungan sehingga bisa menciptakan kebiasaan baik dan mampu meningkatkan lapangan kerja maupun SDM di Desa Wisata Pandanrejo ini,” katanya.

Sementara itu Desi Nugroho ketua pengelola Desa Wisata Pandanrejo mengungkapkan pihaknya sudah menyiapkan Desa Wisata ini jauh-jauh hari sebelum dilakukan perlombaan ADWI 2021. Di desanya ada beberapa destinasi wisata antara lain peternakan Kambing Ras Kaligesing , Kampung Cantik, Bukit Sibutrong dan Gunung Gajah yang terintegrasi menjadi satu sehingga wisatawan dapat menikmati keindahan alam Desa Wisata Pandanrejo.

“Kita setahun terakhir ini memaksimalkanya menjadi wisata edukasi, semoga kedepannya semakin bermanfaat bagi masyarakat desa kami,” katanya. (P24-bayu)