,

35 Warga Purworejo Positif Covid-19, Pemdes Diminta Siapkan Tempat Isolasi

oleh -
oleh
Bupati Purworejo kunjungi Posko Siaga Covid-19 di Loano
Bupati Purworejo kunjungi Posko Siaga Covid-19 di Loano
Selamat Idul Fitri

PURWOREJO, purworejo24.com – Warga di Kabupaten Purworejo yang positif Covid 19 terus bertambah, hingga Rabu (29/4/2020) bertambah 6 positif dan kini jumlahnya menjadi 35 orang.

Juru bicara Pemerintah Kabupaten Purworejo dalam penanganan Covid-19, dr Darus menyampaikan,  pada Rabu (29/4/2020) ini telah ada 10 hasil swab yang keluar. Dari jumlah tersebut, 4 dinyatakan negatif dan 6 dinyatakan positif Covid-19.

“Mereka yang positif berasal dari cluster Gowa, yakni 1 dari Kemiri, 2 dari Bayan, 2 dari Loano, dan 1 dari Purworejo. Sehingga total warga Purworejo yang positif Covid-19 hingga hari ini berjumlah 35 orang, 2 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh,” sebutnya.

Bupati Purworejo kunjungi Posko Siaga Covid-19 di Loano
Bupati Purworejo kunjungi Posko Siaga Covid-19 di Loano

Menanggapi terus bertambahnya kasus Covid-19 di Kabupaten Purworejo, Bupati Purworejo, Agus Bastian, menegaskan, Pemerintah Desa diminta untuk menyiapkan tempat isolasi khusus bagi pemudik atau warga yang masuk kategori orang tanpa gejala (OTG), yang tidak mau melaksanakan isolasi mandiri dirumah. Apalagi mengingat ratusan warga yang masuk cluster Gowa atau peserta ijtima Gowa yang masuk kategori OTG, tersebar di berbagai wilayah di Purworejo.

“Saya mengapresiasi desa yang telah menyiapkan tempat isolasi khusus bagi pemudik. Saya berharap desa yang lain juga melakukan hal yang sama. Ini untuk mengantasipasi penyebaran Covid-19 yang tak terkendalai, sekaligus mengurangi keresahan warga,” katanya.

Namun Bupati mengingatkan, bagi desa yang ingin membuat tempat isolasi agar berkoordinasi dengan Puskesmas atau dinas terkait. Hal ini dimaksudkan agar tempat isolasi yang disiapkan telash sesuai dengan standar kesehatan.

Bupati juga menghimbau masyarakat agar tetap berada di rumah dan memakai masker bila bepergian, serta selalu mencuci tangan pakai sabun dan menghindari kerumunan.

“Para pemudik yang sudah terlanjur pulang agar benar-benar mengisolasi diri di rumah selama 14 hari dan melakukan social distancing,” harapnya.(P24-Drt)