Dikenalkan Sejarah Pahlawan, Puluhan Siswa SD di Purworejo Ikuti Tabur Bunga di TMP

oleh -
oleh
Pengenalan, sejumlah siswa SD ikut tabur bunga di TMP

 

PURWOREJO, purworejo24.com – Puluhan siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri asal Kaligesing,  Purworejo, Jawa Tengah, dikenalkan dengan sejarah para pahlawan terdahulu. Pengenalan itu dilakukan melalui kegiatan doa bersama dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Projo Handoko Loyo, Lugosobo, Kecamatan Gebang, pada Sabtu (2/12/2023).

Dalam kegiatan itu para siswa SD Negeri Kaligesing juga mendapat cerita sejarah tentang para pahlawan yang dimakamkan di TMP, oleh juru kunci makam.

Kepala SD Negeri Kaligesing, Supriono menyampaikan, aktivitas di luar kelas ini dilaksanakan setelah kegiatan akhir semester yang diikuti oleh siswa kelas 6.

“Ini ke makam taman pahlawan Purworejo, yang tujuan kami agar anak-anak itu mempunyai rasa patriotisme, sehingga secara tidak langsung, kami berupaya membina karakter siswa agar cinta tanah air,” katanya usai doa bersama.

Kegiatan di TMP ini, lanjutnya, diantaranya adalah tabur bunga oleh para siswa dan doa bersama yang dipimpin oleh guru. Selain kegiatan di TMP, siswa juga dikenalkan dengan budaya Jawa khususnya di Purworejo dengan mengunjungi Museum Tosan Aji Purworejo.

“Agar tahu di Purworejo ada Museum, dijelaskan juga kepada siswa oleh petugas Tosan Aji tentang sejarah-sejarah peninggalan benda pusaka yang ada disana. Jadi banyak pengalaman bagi para siswa hari ini,” katanya.

Menurutnya, para siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pengenalan sejarah dan budaya ini. Para siswa bahkan banyak yang mencatat dan mengambil video untuk bahan laporan kegiatan siswa.

“Yang ikut 33 siswa kelas 6. Ini baru pertama kali ke TMP, nanti kita akan kembangkan terus dan kira lestarikan kegiatan seperti ini,” tandas Supriono.

Teguh Suyono Trisnawati, selaku guru dan wali kelas menambahkan, rangkaian kegiatan yang diikuti siswa pada kali ini adalah mengunjungi Bedug Pendowo (Terbesar di Dunia), Museum Tosan Aji, Art Center, Taman Makam Pahlawan, dan wahana bermain kolam renang Alam Tirta.

“Tujuan utama menumbuhkan rasa cinta akan kekayaan daerah. Menumbuh rasa pattiotisme, nasionalisme, kegiatan ini merupakan rangkaian di luar sekolah,” katanya.

Selain kegiatan di luar sekolah, lanjut Teguh, di sekolah siswa juga diajarkan agar mencintai lingkungan.

“Siswa di setiap pagi guna menumbuhkan sikap peduli lingkungan dengan membantu membersihkan lingkungan sekolah, siswa juga diajarkan menyambut kedatangan adik-adik kelas di halaman dengn berjabat tangan guna menjauhkan dari perundungan terhadap adik kelas. Dan juga dalam meningkatkan keimanan siswa kelas 6 juga melaksankan sholat Dhuha,” terangnya.

Hal itu, tambahnya, merupakan langkah sekolah untuk membekali siswa di luar akademik.

“Membekali anak selain akademik juga mental dan spiritual. Kami berusaha dngan kemampuan yang ada membekali anak,” katanya.

Dimas, salah satu siswa mengaku baru pertama kali mengikuti kegiatan tabur bunga dan doa bersama di TMP. Dimas mengatakan jika dirinya banyak mendapat pengetahuan baru tentang pahlawan-pahlawan yang ada di Purworejo, terutama yang dimakamkan di TMP Projo Handoko Loyo. (P24/Wid/fid)