Peringati Hari Santri, Masyarakat Desa Seren Tebar 10.000 Ekor Benih Ikan

oleh -
Masyarakat dan santri Desa Seren tebar ribuan benih ikan
Masyarakat dan santri Desa Seren tebar ribuan benih ikan

PURWOREJO, purworejo24.com – Memperingati Hari Santri Nasional (HSN)  Gerakan Pemuda Ansor (GP) Ansor Ranting desa Seren bersama Santri TPQ & asatidz se Desa Seren menebar puluhan ribu benih Ikan. Selain itu GP Ansor Ranting Desa Seren juga mengadakan sejumlah lomba diantaranya Sepeda Santai, dan Lomba Santri.Ali Said selaku Ketua Panitia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat mengaji dan menjalin silaturahim antar santri TPQ se desa seren yang berjumlah 450 santri dari 15 TPQ Yanga ada di desanya. Kegiatan ini didukung seluruh oleh elemen Desa Seren terutama NU Seren beserta Banom-banom NU Desa Seren, Muslimat NU, GP Ansor, Fatayat NU, IPNU, IPPNU & KRW Desa Seren.

Masyarakat dan santri Desa SerenTebar ribuan benih ikan
Masyarakat dan santri Desa Seren tebar ribuan benih ikan

“Rangkaian kegiatan Sepeda Santai mulai start dari Masjid  Jami’ Al Huda finish di halaman ponpes As-salam, dengan rute berkeliling jalan se-Desa Seren, kemudian dilanjutkan tebar benih ikan berkerja sama dengan SMP dan SMK A. Yani Seren Gebang,” katanya kepada Purworejo 24.com usai kegiatan pada Minggu (24/10/2021).

Ali menambahkan lokasi yang dipilih adalah sungai Dulang yang notabene sebagai tempat pelestarian berbagai macam jenis ikan dan satwa air yang melintasi Desa Seren. Dengan jumlah Ikan yang ditebar sekitar 10 ribu ekor dari jenis ikan Melem, Tawes, Nila dan Lele.

“Dengan adanya kegiatan ini dapat memotivasi para santri dalam mengaji dan bisa menjadi ajang silaturrahim antar TPQ se-Desa Seren,” katanya.

Sementara itu pemerintah Desa Seren yang di wakili oleh Lukmanto menyampaikan terimakasih kepada segenap panitia dan merasa terbantu adanya kegiatan kepemudaan sosial dan keagamaan serta peduli dengan alam dengan cara tebar benih ikan dalam kegiatan hari santri nasional tahun ini. Untuk menindak lanjuti hal tersebut ke depan pemerintah desa akan membuat larangan setrum dan penggunaan racun untuk menangkap ikan di sungai Desa Seren, untuk menjaga lingkungan agar tetap lestari.

“Kami berharap kedepan bisa lebih meriah dan lebih banyak benih ikan yang ditebarkan, serta mengajak peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungan,” katanya. (P24-bayu)

Please follow and like us: