Partisipasi Pemilih Pilkada Purworejo 70,49 Persen, Hasil Perolehan Suara Tunggu Keputusan Resmi

oleh -
Rekap perhitungan suara pilkada Purworejo 2020 per 14 Desember 2020
Rekap perhitungan suara pilkada Purworejo 2020 per 14 Desember 2020

PURWOREJO, purworejo24.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo mencatat jumlah partisipasi pemilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo (Pilbup) Tahun 2020 mencapai sekitar 70,49 persen. Jumlah itu lebih rendah dari target partisipasi pemilih KPU Pusat sebesar 77, 5 persen, tetapi lebih tinggi dibandingan dengan partisipasi pemilih pada Pilbup 2015 dan Pilgub 2018.

Informasi tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Purworejo, Dulrokhim, saat dikonfirmasi di kantornya, Senin (14/12). Dulrokhim menyebut, persentase itu masih sementara berdasarkan pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kecamatan atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada tanggal 11-12 Desember 2020 kemarin.

Dari hasil pleno itu diketahui bahwa jumlah surat suara sah sebanyak 404.340 dan jumlah surat suara tidak sah sebanyak 21.411 sehingga total pemilih atau surat suara terpakai sebanyak 425.751. Dengan demikian, jika dipresentase dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yakni 604.026, tingkat partisipasi pemilih sebesar 70,49 persen.

“Jadi ini masih sementara. Hasil finalnya besok setelah rekapitulasi di tingkat kabupaten,” sebutnya.

Diungkapkan, Pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten rencananya akan dilakukan pada Selasa (15/12) pagi di Ganesha Convention Hall Gedung Wanita Purworejo. Sebagai persiapannya, KPU telah melakukan rapat koordinasi dengan jajaran PPK dari 16 kecamatan di Ballroom Hotel Plaza Purworejo pada Senin (14/12).

Dalam Rakor persiapan itu, jajaran KPU bersama PPK juga mendapatkan motivasi dan arahan langsung dari Anggota KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi, serta Ketua KPU Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat, yang menyempatkan hadir di sela-sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Purworejo dan beberapa daerah lain. Salah satu pesannya yakni agar KPU dan PPK dapat terus bekerja secara profesional.

“Berbagai persiapan lain juga terus kita lakukan di internal KPU agar rekapitulasi tingkat kabupaten besok dapat berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Dulrokhim menilai, tingkat partisipasi pemilih dalam Pilbup 2020 kali ini cukup baik mengingat terlaksana dalam situasi pandemi Covid-19. Meski masih di bawah target KPU RI yakni 77,5 persen, angka 70,49 persen lebih tinggi dari partisipasi pemilih pada pada Pilbup 2015 dan Pilgub 2018. Melihat hasil itu, pihaknya menilai bahwa situasi pandemi dan cuaca tidak banyak mempengaruhi pemilih untuk datang ke TPS dan menggunakan hak suaranya.

“Yang mempengaruhi biasanya karena faktor kerja di luar kota,” jelasnya.

Terkait rincian perolehan suara masing-masing Paslon, Dulrokhim belum bersedia menyebutkan karena prosesnya masih berjalan. Masyarakat diminta untuk menunggu hasil resmi setelah rekapitulasi tuntas dan tidak ada persoalan dari Paslon atau Bawaslu.

“Untuk hitung suara di Si Rekap (Website info publik Pilkada 2020) itu operatornya KPU pusat. Kita di tingkat kabupaten hanya setor data,” tandasnya. (P24-Bayu)

Please follow and like us: