Baksos, Seniman Purworejo Percantik Gedung TK dengan Seni Mural

oleh -
oleh
Seniman Purworejo Percantik Gedung TK Dengan Seni Mural
Seniman Purworejo Percantik Gedung TK Dengan Seni Mural
Selamat Idul Fitri

BANYUURIP, purworejo24.com – Sejumlah seniman lukis yang tergabung dalam Komunitas Seniman Purworejo (Republik Sepur) menggelar bakti sosial dengan cara melukis seluruh dinding gedung Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi Kelurahan Kledung Kradenan Kecamatan Banyuurip, Purworejo, Jawa Tengah dengan seni mural.

Berbagai ragam gambar lukisan dua dimensi, baik berupa Flora dan Fauna, pemandangan alam, gambar hewan, dan lainya menghiasi dinding TK. Dengan tangan tangan trampil, sejumlah seniman itu menyulap dinding lingkungan TK menjadi indah.

Ketua Komunitas Republik Sepur, Sigit Suntoro mengatakan, baksos yang dilakukan Komunitas Republik Sepur itu dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kepedulian para seniman terhadap dunia pendidikan.

“Dengan melukis mural di setiap dinding sekolah, akan memberikan kesan sekolah menjadi indah dan nyaman,” kata Sigit, saat ditemui purworejo24.com, senin (27/1/2020).

Seni Mural di dinding TK Kledung Kradenan
Seni Mural di dinding TK Kledung Kradenan

Selain memiliki misi agar sekolah menjadi indah, lanjut Sigit, lukisan mural ini juga untuk memberikan edukasi terhadap siswa akan keindahan lingkungan sekolah.

“Misi kami adalah agar sekolah lebih indah, lebih nyaman, dan bisa memberikan pendidikan bagi anak anak yaitu dengan gambar flora dan fauna diantaranya gambar binatang laut dan aneka satwa supaya anak itu mengenal lingkungan aneka satwa. Selain itu kami ingin menjadikan Kelurahan Kledung Kradenan ini menjadi kawasan desa seni dan desa wisata di Purworejo,” jelasnya.

Lurah Kledung Kradenan, Sutarto, yang turut hadir dalam baksos itu, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas Republik Sepur.

“Kami senang dan bangga, Kelurahan Kledung Kradenan ada komunitas seni. Tak hanya gedung TK, kedepan sejumlah gedung fasilitas lain, seperti balai pertemuan warga juga akan di lukis mural. Sehingga Kelurahan Kledung Kradenan menjadi kelurahan yang indah,” harapnya.

Guna mewujudkan mimpi Kelurahan Kledung Kradenan menjadi kawasan seni dan wisata, pihaknya mengaku akan mendukung penuh apa yang dilakukan para seniman di Kelurahan Kledung itu.

Kepala TK Pertiwi Kelurahan Kledung Kradenan, Sumirah, juga mengaku senang, sekolah TK yang dipimpin nya mendapat bantuan berupa seni mural.

“Kami hanya bisa ucapkan terima kasih kepada donatur dan seniman Republik Sepur. Dimana gedung TK yang telah dilukis sejak seminggu lalu ini menjadi indah. Berharap lukisan lukisan ini juga bisa memberikan wawasan dan edukasi kepada anak anak TK, agar bisa mengetahui tetang dunia lukis juga aneka satwa yang digambar oleh para seniman,” katanya.(P24-Drt)