Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Asyiknya Mengisi Libur Sekolah, Puluhan Guru dan Karyawan di SLB Muhammadiyah Purworejo Berlatih Melukis Bersama

79
×

Asyiknya Mengisi Libur Sekolah, Puluhan Guru dan Karyawan di SLB Muhammadiyah Purworejo Berlatih Melukis Bersama

Sebarkan artikel ini
Suasana kegiatan IHT melukis di SLB Muhammadiyah Purworeejo, pada Rabu (10/7/2024)
Suasana kegiatan IHT melukis di SLB Muhammadiyah Purworeejo, pada Rabu (10/7/2024)

PURWOREJO, purworejo24.com – Mengisi momen liburan akhir semester, SLB Muhammadiyah Purworejo, menggelar kegiatan In House Training (IHT) melukis di sekolah setempat.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, pada Rabu (10/7/2024) dan Kamis (11/7/2024) itu diikuti oleh sekitar 30 guru dan karyawan SLB Muhammadiyah Purworejo.

Selain untuk refresing mengisi liburan, IHT melukis itu juga menjadi bahan atau bekal belajar bagi para guru untuk diajarkan kepada siswa, yang nantinya bisa menjadi sarana untuk mengikuti berbagai perlombaan dibidang seni melukis.

Ini untuk kegiatan, karena untuk bapak/ibu tidak libur walaupun siswanya libur, untuk mengisi kegiatan yang positif kita melaksanakan In House Training ini, untuk melatih kemampuan bapak/ibu guru biar punya skil melukis. Karena melukis itu sudah kita lakukan setiap hari, dari TK sampai kita dewasa kita pasti melakukan tapi yang menjadi lucu itu kita sering melukis tapi kita belum tentu ahli dalam melukis,” kata Kepala SLB Muhammadiyah Purworejo, Santi Candra Titisari, saat ditemui usai membuka IHT melukis, pada Rabu (10/7/2024).

Dengan IHT melukis itu, Santi berharap ketika bapak/ibu guru mendampingi siswa- siswi SLB nanti, bisa memiliki kemampuan dibidang melukis.

Syukur- syukur bisa menjaring bakat dan minat siswa- siswi SLB menghantarkan lomba- lomba seperti FLS2N Propinsi, syukur -syukur bisa sampai nasional,” ujar Santi.

Disebutkan, di SLB Muhammadiyah Purworejo, saat ini ada sekitar 180 siswa, yang merupakan siswa berkebutuhan khusus seperti tuna grahita, tuna netra, tuna rungu dan tuna daksa.

Harapanya bapak/ ibu guru setelah berkutat dengan kurikulum, modul ajar, ATP dan mengajar, bapak/ibu guru bisa refresing, bisa mengapresiasikan perasaan melukis, apa yang dirasakan, dituangkan dalam lukisan, dalam harapan besarnya, bisa mendampingi siswa, menjaring bakat bakatnya,” harapnya.

Pengampu atau nara sumber kegiatan IHT melukis, Sigit Suntoro, yang merupakan presiden di Komunitas Seniman Purworejo atau Republik Sepur, mengatakan, kegiatan IHT melukis ini dilakukan selama dua hari. Untuk hari pertama dengan berlatih melukis dikertas dan dihari kedua berlatih melukis di kanvas.

ini suatu refresing karena kemarin kepadatan bapak/ ibu guru dalam mengajar anak- anak, sekarang sedang libur makanya diselenggarakan acara ini ya semacam refresing belajar bersama, supaya semua bapak/ ibu guru membidangi dari seni lukis, memahami tentang seni lukis, dan ketika mengajarkan sudah ada bekal pemahaman tentang pewarnaan, gradasi dan yang lainnya,” jelasnya.

Sigit mengaku sangat suport dengan kegiatan itu. Ia berharap kedepan bisa menjadi motivasi bagi sekolah -sekolah yang lain, untuk bisa menyelenggarakan IHT.

Ini yang baru pertama saya di SLB Muhammadiyah Purworejo dan mudah- mudahan bisa menjadi motivasi sekolah- sekolah yang lain, supaya guru bisa mengenal tentang seni lukis dan seni -seni yang lain,” harapnya.

Salah satu peserta, Adil Triutami, yang merupakan wali kelas XI C guna grahita di SLB Muhammadiyah Purworejo, mengaku sangat senang dengan kegiatan itu. Dirinya mengaku sudah lama tertarik untuk melukis, dan dengan ikut IHT itu bisa memperoleh ilmu yang banyak dari Sigit Suntoro, tentang melukis.

Belum pernah mengikuti IHT, cuma waktu kecil suka melukis jadi ada ketertarikan tersendiri. Ingin melanjutkan lagi, mungkin setelah selesai ini ingin ikut les,” katanya. (P24/wid)


Eksplorasi konten lain dari Purworejo24.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.