Scroll untuk baca artikel
Wisata

Disporapar Jateng dan Dinporapar Purworejo Ingin Keberadaan Destinasi Goa Seplawan ada Multiplier Effect bagi Warga Desa Donorejo

89
×

Disporapar Jateng dan Dinporapar Purworejo Ingin Keberadaan Destinasi Goa Seplawan ada Multiplier Effect bagi Warga Desa Donorejo

Sebarkan artikel ini
Suasana kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan kawasan strategis pariwisata provinsi, dipendopo utama Taman Goa Seplawan, pada Selasa (9/7/2024).
Suasana kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan kawasan strategis pariwisata provinsi, dipendopo utama Taman Goa Seplawan, pada Selasa (9/7/2024).

KALIGESING, purworejo24.com – Berbagai fasilitas telah dibangun di kawasan destinasi wisata Goa Seplawan, yang berada di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo.

Selain gardu pandang, tanda batas wilayah Jateng- DIY, replika patung Siwa dan Purwati, pendopo, toilet, TIC (Turis Informasi Centre) dan penataan lanskip taman lainya, ditahun 2024 ini juga telah mulai dibangun sejumlah fasilitas baru di lokasi yang diberinama Taman Goa Seplawan itu.

Dengan anggaran senilai 1,4 miliyar, sejumlah fasilitas baru sedang digarap di lokasi itu saat ini, diantaranya berupa fasilitas rambu- rambu mitigasi bencana, pedestrian atau jalur pejalan kaki, radio repeater dan sejumlah gazebo.

Dengan dibangunya berbagai fasilitas di lokasi Taman Goa Seplawan itu, diharapkan bisa menjadi multiplier effect (efek berganda) bagi warga Desa Donorejo.

Hal itu disampaikan oleh Aria Chandra selaku Kabid pengembangan destinasi pariwisata pada Disporapar Jateng, dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan kawasan strategis pariwisata provinsi, dipendopo utama Taman Goa Seplawan, pada Selasa (9/7/2024).

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari kepala desa, tokoh masyarakat, pelaku wisata dan UMKM di Desa Donorejo itu diisi dengan penyampaian sejumlah materi.

Ada tiga narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan itu, diantaranya, Plt Kalak BPBD, Kabupaten Purworejo, Dedeh Yani Iswantini , yang memberikan materi tentang Mitigasi Bencana Sekitar Daya Tarik Wisata Goa Seplawan, lalu Supomo, SE. M.Par selaku Ketua Kelompok Kerja Kemitraan Dan Kelembagaan Pariwisata DISPORAPAR Provinsi Jawa Tengah, dengan memberikan materi tentang Sapta Pesona Meningkatkan Citra Di Daya Tarik Wisata Goa Seplawan dan materi tentang Meningkatkan Daya Saing Wisata Perbatasan Daerah Di Goa Seplawan yang disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata, Sumber Daya Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif, pada Dinporapar Kabupaten Purworejo, Agung Pranoto.

Kegiatan ini yang pertama kita menyampaikan bahwa di Taman Goa Seplawan ini kita ada kegiatan pembangunan sarana dan prasarana, kemudian yang kedua kami mengumpulkan teman -teman khususnya warga di Desa Donorejo ini adalah untuk memberikan pemberdayaan terkait dengan pengelolaan Taman Goa Seplawan, artinya kedepan ini tempat sudah kita bangun sedemikian rupa, harapan kami menjadi multiplaye efek kepada warga Desa Donorejo. Maka dari itu kita coba berikan pembekalan, kita berikan pemahaman terkait dengan bagaimana nanti akan mengembangkan Industrial Tourism World (ITW) disini. Tentunya sekali lagi saya sampaikan bahwa kami tidak bisa berjalan sendiri, demikian juga pemerintah daerah Purworejo juga tidak bisa berjalan sendiri, kita butuh dukungan penuh dari segenap masyarakat di Desa Donorejo,” kata Aria Chandra, saat ditemui purworejo24.com, usai kegiatan.

Dijelaskan, di lokasi destinasi wisata Goa Seplawan dalam pengelolaanya dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Purworejo, namun demikian dikawasan Goa Seplawan juga ada aset yang dibangun oleh Pemprov Jawa Tengah, yaitu berupa pembangunan gardu pandang dan segala fasilitasnya.

Kedepan harapan kami bahwa Seplawan ini dulu yang pernah jaya, tapi makin kesini kok semakin turun, ini yang kemudian menjadi alasan kami untuk bagaimana lebih meningkatkan Industrial Tourism World (ITW) di Seplawan ini, karena kembali lagi, goa sudah ada dan tempatnya disitu, tidak bisa dipindah- pindah, tinggal kembali lagi kami selaku pemerintah provinsi, kemudian dari Purworejo, kita akan coba bersinergi dan tentunya melibatkan seluruh lapisan masyarakat terutama di Desa Donorejo ini,” jelasnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata, Sumber Daya Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif, pada Dinporapar Kabupaten Purworejo, Agung Pranoto, mengatakan, di Goa Seplawan ada aset yang dimiliki oleh Pemkab Purworejo dan Pemprov Jawa Tengah, dan itu menjadi satu kawasan dilokasi itu.

Harapan kita kedepan Seplawan ini selain menjadi destinasi utama atau istilah pemprov itu sebagai destinasi setrategis, juga menjadi pemantik untuk temen- temen di Desa Donorejo untuk bisa menjual melalui awalnya dengan nama Seplawan dulu, mereka punya potensi luar biasa di luar Seplawan, manfaatkan itu. Jadi Seplawan jadi pemantik, mereka sudah punya modal Seplawan,” harap Agung.

Disekitar Goa Seplawan ada banyak potensi lain yang dimiliki, diantaranya kopi, kuliner Gembel, kambing etawa dan lain yang bisa dimanfaatkan menjadi sebuah paket wisata.

Jadi jangan salah kenapa hanya menjual Seplawan saja, tapi jual juga produk- produk dari temen- temen warga Desa Donorejo ini untuk menjadi paket wisata. Nah kami mendorong temen- temen disini, salah satunya pak Kades untuk mereorganisasi Pokdarwis yang mungkin selama ini masih vakum, karena dengan seperti ini nanti akan bisa terkelola dengan baik, harapan kita bisa menunjang kesejahteraan masyarakat disini secara lebih luas dan lebih masif,” ujarnya.

Berbagai upaya juga telah dilakukan dinporapar Purworejo untuk bisa mendatang pengunjung yang banyak ke lokasi itu, salah satunya dengan memasang baliho disejumlah lokasi strategis.

Kalau yang selanjutnya memang kita melihat perkembangan kenaikan kunjungan, ini tidak hanya Seplawan tapi hampir semua kunjungan disini memang belum sama dengan ketika sebelum pandemi berlangsung, apapun itu bukan alasan tapi kita dorong entah itu dari media sosial, atau dari baliho- baliho yang kita punya akan kembali kita push,” terangnya.

Agung berpesan untuk masyarakat disekitar Goa Seplawan untuk bisa manfaatkan Seplawan sebagai pemantiknya. Nama besar Seplawan digunakan untuk menjual produk yang ada disekitarnya.

Kita juga berharap nanti apa yang sudah dibangun dari propinsi ya kita dibantu untuk menyebarluaskan informasi ini, karena banyak juga yang belum tau Seplawan itu seperti apa. Di Purworejo tidak ada selain Seplawan, goa itu ya Seplawan, memang ini minat khusus tapi saya kira dengan pilihan taman yang dibuat oleh temen- temen provinsi ini jadi pilihan untuk ngobrol dengan keluarga dan lain- lain. Bahkan pernah ada juga yang menikah disini,” pungkasnya. (P24/wid)


Eksplorasi konten lain dari Purworejo24.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.