Scroll untuk baca artikel
Religi

Bertepatan Tahun Baru Islam, TPQ Ponpes Al- Fahham Gelar Khotmil Qur’an dan Haul KH. Chairil Adlan, Simbah H. Dahlan, serta para Masyayikh

69
×

Bertepatan Tahun Baru Islam, TPQ Ponpes Al- Fahham Gelar Khotmil Qur’an dan Haul KH. Chairil Adlan, Simbah H. Dahlan, serta para Masyayikh

Sebarkan artikel ini
Suasana khotmil qur'an di Ponpes AlFahham, pada Minggu (7/7/2024) malam
Suasana khotmil qur'an di Ponpes AlFahham, pada Minggu (7/7/2024) malam

PURWOREJO, purworejo24.com – TPQ Pondok Pesantren Al-Fahham Baledono, Kecamatan/ Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggelar acara Haflah Akhirussanah Khotmil Quran dan peringatan haul KH. Chairil Adlan, Simbah H. Dahlan, serta para Masyayikh, di TPQ setempat, pada Minggu (7/7/2024) malam.

Acara yang digelar bertepatan dengan tahun baru islam, 1 Muharram 1446 H ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan akhir tahun bagi para santri yang telah menyelesaikan pembelajaran Al-Quran.

Haflah kali ini terasa istimewa dengan kehadiran muballigh ternama, Dr. KH. Marzuki Mustamar, M.Ag., beserta Ibu Nyai Sa’idah Mustaghfiroh Marzuki, selaku Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Malang, Jawa Timur.

Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh ulama dan habaib, di antaranya KH. Hamid Ak, KH. Farid Sulaiman, KH. Muhammad Athoillah, KH. Nasihin Chamid, KH. R. Chamid Bakri, KH. Masduki, KH. Mahmud RH, KH. Habib Sholeh, KH. Ahmad Chusnain, Habib Abdurrahman Baabud, Habib Umar Al Athos, KH. Ma’ruf Kahfi, KH. Jazim Chamidi, KH. Bahaudin Muslim, KH. Habib Anwar Dahlan, KH. Ulin, KH. Tashilul Manasik, Kapolsek Purworejo, Danramil Purworejo kepala KUA Kecamatan Purworejo serta para Ibu Nyai dan pengurus NU di Kecamatan Purworejo dan sekitarnya.

Suasana khidmat terasa saat prosesi Khotmil Al-Quran oleh para santri yang diwisuda. Acara itu juga diisi pembacaan Tahlil yang dipimpin oleh KH. Djakfar Syamsudin, Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Lugosobo Gebang.

Kami sangat berterima kasih atas kehadiran bapak, ibu, serta seluruh tamu undangan yang telah mendukung terselenggaranya acara ini. Kami juga memohon maaf apabila dalam penyambutan terdapat kekurangan. Terima kasih juga kami sampaikan kepada panitia, wali santri, dan warga Baledono Krajan yang telah banyak membantu dalam mempersiapkan acara Haflah Akhirussanah ini,” kata KH Muhammad Haekal, dalam sambutan acara tersebut.

Lebih lanjut, Haekal menyampaikan bahwa rangkaian acara Haflah Akhirussanah dan peringatan haul ini telah dimulai beberapa hari sebelumnya dengan berbagai kegiatan seperti outbound santri, ziarah makam masyayikh, kirab santri, dan kegiatan lainnya yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi serta menambah wawasan keagamaan para santri.

Camat Purworejo, Bagus Adi Karyanto, dalam sambutannya menyampaikan selamat atas terselenggaranya acara ini. Ia berharap agar para santri yang telah diwisuda dapat mengamalkan ilmu yang telah diperoleh selama belajar di TPQ Pondok Pesantren Al-Fahham dan menjadi generasi penerus yang mampu membawa manfaat bagi keluarga, masyarakat, dan agama.

Saya ucapkan selamat kepada para santri yang telah diwisuda. Semoga ilmu yang telah diperoleh dapat menjadi bekal yang bermanfaat, bisa menjadi penjemput keluarganya di akhirat nanti, dan menjadi generasi penerus yang berakhlak mulia. Untuk TPQ Al-Fahham, saya berharap agar terus berjuang mencetak generasi yang agamis dan berkontribusi positif bagi masyarakat,” harap Bagus Adi Karyanto.

Acara Haflah Akhirussanah ini ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Dr. KH. Marzuki Mustamar. Beliau juga memberikan motivasi kepada para santri untuk terus bersemangat dalam belajar dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Haflah Akhirussanah Khotmil Quran TPQ Pondok Pesantren Al-Fahham Baledono ini diharapkan dapat menjadi tradisi tahunan yang semakin mempererat tali silaturahmi antar santri, wali santri, serta masyarakat sekitar.

Selain itu, acara ini juga diharapkan mampu meningkatkan semangat keagamaan dan kecintaan terhadap Al-Quran di kalangan generasi muda. (P24/wid)


Eksplorasi konten lain dari Purworejo24.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.