Scroll untuk baca artikel
Olahraga

Meriah, Sambut Malam 1 Suro, Dua Karang Taruna di Desa Krendetan Adakan Festival Bola Api

99
×

Meriah, Sambut Malam 1 Suro, Dua Karang Taruna di Desa Krendetan Adakan Festival Bola Api

Sebarkan artikel ini
Pelaksanaan Festival Bola Api di Desa Krendetan, pada Sabtu (6/7/2024)
Pelaksanaan Festival Bola Api di Desa Krendetan, pada Sabtu (6/7/2024)

BAGELEN, purworejo24.com – Guna mengambut, mengisi dan memeriahkan malam pergantian tahun baru islam, 1 Muharram 1446 H, Karang Taruna Jaddal Dusun Nadri bersama Karang Taruna Dipta Karya Dusun Karangjati di Desa Krendetan, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejjo, Jawa Tengah, menggelar Festival Bola Api, dilapangan Sipengkol ikut Dusun Nadri, Desa Krendetan, pada Sabtu (6/7/2024) malam.

Festival di hadiri dan dibuka oleh Camat, Sigit Kurniawan Saputro, dengan ditandai tendangan pertama bola api ke gawang.

Ada sebanyak 10 tim yang terdrii dari 5 orang dari dua Karang Taruna itu yang ikut memeriahkan Festival Bola Api dimalam 1 Suro tersebut.

Ratusan warga yang hadirpun tampak bersorak sorai memberikan dukungan kepada setiap tim yang bermain selama 10 menit dalam Festival Bola Api itu.

Selain Camat Bagelen, tampak hadir Kepala Desa Kremdetan, tokoh msayarakat Dusun Nadri dan Karangjati, PPS Desa Kremdetan, dan para pengurus Karang Taruna Dipta Karya dan Karang Taruna Jaddal serta Karang Taruna Desa Krendetan.

Festival Bola Api menjadi meriah dengan penampilan atraksi sembur api dari para pemuda Karang Taruna dilakukan menyelingi kegiatan festival.

Kita mengambil tema Sinergitas Tanpa Batas Pemuda Karang Taruna Dipta Karya dan Karang Taruna Jaddal dalam kegiatan ini sebagai bentuk kebersamaan antar pemuda Karang Taruna di Desa Krendetan,” ujar ketua Karang Taruna Jaddal Dusun Nadri, Sigit Raharjo, saat ditemui purworejo24.com, disela kegiatan.

Diungkapkan, sepak bola api di Desa Krendetan sudah menjadi kegiatan yang rutin dilakukan pada setiap malam 1 Suro atau malam 1 Muharram. Kegiatan itu juga sudah dilakukan secara turun temurun sejak dulu kala, guna memeriahkan malam 1 Suro.

Sudah dari 20 tahun yang lalu, sekarang kita melanjutkan lagi untuk kegiatan ditanggal 1 Muharram atau malam 1 Suro, dengan mengadakan sepak bola api ini,” ujarnya.

Selain Festival Bola Api, dalam mengisi malam pergantian tahun baru itu mereka juga mengadakan sosialisasi tentang Pilkada 2024 yang dilakukan oleh PPS Desa Krendetan, kemudian mengadakan doa bersama dan dilanjutkan kegiatan Festival Bola Api.

Karena kita untuk memeriahkan, dan istilahnya kita menyambut bulan Muharram, agar desa kita menjadi desa yang berkembang bagi dan maju seluruh warga, serta berdoa agar selalu diberikan keselamatan di bulan Suro ini,” jelasnya.

Camat Bagelen, Sigit Kurniawan Saputro, menyambut baik, mengapresiasi dan memberikan penghargaan serta mendukung kegiatan positif yang dilakukan oleh dua karang taruna di Desa Krendetan itu

Ini merupakan inisiatif dari anak – anak muda karangtaruna dengan mamanfaatkan momen malam pergantian tahun baru islam dengan festival bola api antar dusun. Ini merupakan kegiatan positif dan harapanya bisa tetap terus di lestarikan, diuri – uri kegiatannya pada tahun- tahun mendatang,” katanya.

Sigit juga berpesan kegiatan itu untuk terus dilaksanakan agar bisa memberikan peningkatan kekeluargaan antar dusun dilingkungan Desa Krendetan.

Selain meriah tentunya akan menjadi guyub rukun, ada peningkatan kekeluargaan,dan desa Krendetan bisa menjadi desa yang maju kedepanya, itu harapan kami,” pungkasnya. (P24/wid)


Eksplorasi konten lain dari Purworejo24.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.