Panwascam Kekurangan Anggota, Bawaslu Purworejo Buka Pendaftar Baru

oleh -
oleh
Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo, Purnomosidi
Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo, Purnomosidi

PURWOREJO, purworejo24.com – Bawaslu Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, telah menetapkan 28 nama peserta existing terpilih kembali untuk bertugas mengawasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak diTahun 2024 ini. Maka masih ada kekurangan 20 orang untuk melengkapi kuota total 48 anggota Panwascam di 16 kecamatan.

Untuk memenuhi kuota ini, Bawaslu Kabupaten Purworejo membuka rekrutmen untuk anggota baru.

Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo, Purnomosidi, mengatakan, ada dua mekanisme perekrutan anggota Panwascam yaitu melalui evaluasi existing dan pendaftar baru.

Untuk tes existing sudah selesai dilakukan dan sudah diumumkan hasilnya, sementara untuk pendaftar baru masih mulai dilakukan.

Dari 48 anggota Panwascam yang lama ada 40 anggota yang mendaftar, yang lain tidak mendaftar dengan alasan telah memiliki pekerjaan lain. Dari 40 orang yang mendaftar itu hanya 28 anggota yang memenuhi syarat dan 12 anggota lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat, jadi kita masih butuh 20 anggota lagi untuk memenuhi kebutuhan Panwascam yang tersebar di 13 kecamatan, karena dari 16 kecamatan yang ada, Panwascam untuk Kecamatan Purworejo, Bener dan Ngombol sudah lengkap,” kata Purnomosidi, saat ditemui dikantornya, pada Jumat (3/5/2024).

Untuk kekurangan 20 anggota Panwascam di 13 kecamatan itu, lanjutnya, bervariasi ditiap kecamatannya, ada yang kurang untuk kuota perempuannya, ada juga yang belum memenuhi persyaratan.

Setelah diumumkan hasil existing secara terbuka pada tanggal 1-2 Mei 2024, ditanggal 3 Mei ini kita umumkan perekrutan baru untuk memenuhi kuota 48 anggota Panwascam, dan sudah diumumkan baik melalui spanduk, medsos, dan lainya sampai tanggal 4 Mei besok. Lalu tanggal 5- 7 Mei adalah masa penerimaan berkas dan verifikasi calon anggota Panwascam untuk memenuhi kekurangaan di 13 kecamatan itu. Pendaftar bisa datang langsung ke kantor Bawaslu Purworejo atau bisa melalui email juga pos,” jelasnya.

Jika sampai tanggal 7 Mei pendaftar belum memenuhi kuota, maka Bawaslu akan memberlakukan perpanjangan pendaftar baru dari tanggal 9- 11 Mei 2024. Pengumuman perpanjangan bagi kecamatan yang belum memenuhi kuota akan dilakukan pada tanggal 8 Mei 2024.

Tes tertulis bagi calon anggota Panwascam baru akan dilaksanakan pada tanggal 13- 14 Mei, dan wawancara akan dilaksa akan pada tanggal 18- 20 Mei 2024. Sedangkan pengumuman akan dilaksanakan pada tanggal 23 Mei dan pelantikan bagi 48 anggota Panwascam akan dilaksanakan pada tanggal 24- 25 Mei 2024,” sebutnya.

Dikatakan, tugas Panwascam pada Pilkada mendatang memiliki tantangan yang berbeda dibandingkan dengan pelaksanaan Pemilu lalu. Suhu politikpun juga akan berbeda dan rentan terjadi konflik karena kontestasi Pemilu bersifat lokal.

Sangat lokal, biasanya akan terjadi saingan secara lokal pula, dengan peserta yang lebih sedikit, maka spirit dukungan juga akan berbeda, mereka akan fokus pada tokoh pasangan calon, dan kita berharap semua pihak bisa merawat iklim yang kondusif ini agar tidak terjadi konflik horizontal di masa Pilkada 2024 ini,” harapnya. (P24/wid).