Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Mudahkan Masyarakat Daftar JKN, BPJS Kesehatan Gandeng Tiga Desa Di Purworejo Jadi Program PESIAR

25
×

Mudahkan Masyarakat Daftar JKN, BPJS Kesehatan Gandeng Tiga Desa Di Purworejo Jadi Program PESIAR

Sebarkan artikel ini
Foto bersama setelah penandatanganan
Foto bersama setelah penandatanganan

PURWOREJO, purworejo24.com – Guna mempermudah masyarakat mendaftar program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Kebumen menjalin kerjasama dengan tiga pemerintah desa di Kabupaten Purworejo melalui Program Petakan, Sisir, Advokasi, dan Registrasi (PESIAR).

Adapun ketiga desa tersebut adalah Desa Limbangan, Desa Guntur dan Desa Kedungpucang yang berada di wilayah Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo.

Per bulan Mei 2024, sudah 98 persen penduduk Kabupaten Purworejo terdaftar Program JKN. Hanya saja, cakupan kepesertaan belum merata untuk seluruh wilayah di Kabupaten Purworejo ini dan tingkat keaktifan di angka kurang lebih 75%,” ungkap Kepala BPJS Kesehataan Cabang Kebumen, Dany Saputro saat penandatanganan Perjanjian Kerjasama Program PESIAR pada Selasa (07/05/2024).

Dany menambahkan melalui Program PESIAR ini, Agen Pesiar yang sudah ditunjuk oleh masing-masing desa akan melakukan pemetaan dan penyisiran penduduk yang belum memiliki jaminan kesehatan. Setelah diketahui data-data penduduk yang belum terdaftar, dilakukan advokasi dan sosialisasi yang melibatkan aparat desa. Agen Pesiar ini juga yang akan membantu penduduk mendaftarkan dirinya maupun keluarganya pada program JKN.

Tujuan program PESIAR ini juga untuk memudahkan sekaligus memastikan masyarakat desa dan masyarakat rentan yang belum terdaftar JKN, dapat terlindungi kesehatannya melalui Program JKN ini,” ungkap Dany.

Lebih lanjut Dany juga menjelaskan bahwa implementasi program PESIAR ini juga selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa.

Pembangunan SDGs yang dimaksud berupa Desa Peduli Kesehatan yang kini memiliki 15 program prioritas, salah satunya BPJS Kesehatan mencapai 100 persen cakupan penduduk desa sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Program JKN ini bukan hanya milik BPJS Kesehatan semata, tapi juga seluruh stakeholder terkait. Oleh karenanya diperlukan keterlibatan aktif dari pemerintahan Tingkat pusat sampai ke pemerintahan di Tingkat desa sebagaiman tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN.” ujar Dany.

Lebih lanjut Dany juga mengingatkan pentingnya program JKN dimiliki oleh setiap penduduk. Bagi masyarakat yang hendak mengakses pelayanan Kesehatan, dapat dijamin biaya pelayanan kesehatannya dengan menggunakan JKN.

Ada setidaknya lebih dari 1,5 juta pemanfaatan JKN di seluruh Indonesia setiap tahunnya. Hal itu merupakan bukti nyata program JKN menjadi bagian penting dalam perlindungan kesehatan Masyarakat,” sebutnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo, Vivin S. Veriyani menyampaikan terimakasih kepada BPJS Kesehatan yang telah mempercayakan Program PESIAR kepada tiga desa di wilayah Kecamatan Bener. Pihaknya berharap melalui Program PESIAR ini, warga di Kecamatan Bener khususnya di tiga desa itu dapat terpenuhi jaminan kesehatannya melalui Program JKN.

Saya sangat setuju dan sangat mendukung Program PESIAR yang hadir di desa di wilayah kami karena masih ada masyarakat yang awam terkait program JKN. Memang Sebagian besar sudah terdaftar, namun masih ada sebagian kecil ini yang perlu kita tingkatkan kesadarannya agar memiliki jaminan kesehatan,” ucapnya.

Vivin mengaku optimis Program PESIAR dapat dilaksanakan sesuai dengan yang diharapkan yakni seluruh masyarakat di tiga desa tersebut, 100% terdaftar JKN. Lebih lanjut ia juga berharap, Program PESIAR ini juga nantinya dapat diimplementasikan di seluruh desa di wilayah Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo.

Kalau ada masalah apapun biasanya masyarakat menghubungi pihak desa, termasuk jika sakit namun belum punya jaminan Kesehatan, Namun dengan adanya Program PESIAR ini nantinya kami harap tidak ada lagi warga desa yang tidak terlindungi oleh jaminan kesehatannya,” tambahnya. (P24-bayu)


Eksplorasi konten lain dari Purworejo24.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.