HukumInspirasiPemerintahanPemilu 2024Politik

Sosialisasikan Pemilu di Masyarakat, KPU Purworejo Gelar Kirab Pemilu 2024

943
×

Sosialisasikan Pemilu di Masyarakat, KPU Purworejo Gelar Kirab Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Plt Bupati Purworejo, Yuli Hastuti saat melepas Kirab Pemilu 2024 Kabupaten Purworejo, dihalaman Pendopo Kabupaten Purworejo, pada Minggu (5/11/2023)
Plt Bupati Purworejo, Yuli Hastuti saat melepas Kirab Pemilu 2024 Kabupaten Purworejo, dihalaman Pendopo Kabupaten Purworejo, pada Minggu (5/11/2023)

PURWOREJO, purworejo24.com – Plt Bupati Purworejo, Jawa Tengah, Yuli Hastuti SH, melepas Kirab Pemilu 2024 Kabupaten Purworejo, di depan pendopo Kabupaten Purworejo, pada Minggu (5/11/2023).

Kirab dilepas dengan ditandai pengibaran bendera star oleh Plt Bupati Purworejo.

Kirab diawali dengan pasukan Paskibraka dari SMA Negeri 7 Purworejo yang membawa bendera merah putih, bendera pataka KPU dan bendera partai politik peserta Pemilu 2024, dan diiringi marching band dari SMK Batik Perbaik Purworejo. Adapun peserta kirab diikuti oleh para anggota KPU Kabupaten Purworejo dengan menaiki bendi, para anggota PPK 16 Kecamatan dengan menaiki becak dan iring- iringan rombongan partai politik yang menjadi peserta dalam Pemilu 2024 di Kabupaten Purworejo.

Dalam Kirab Pemilu 2024 itu juga melibat sejumlah Ormas dan Disabilitas Purworejo. Kirab dilaksanakan dengan menyusuri jalan- jalan utama di Kota Purworejo.

Kirab Pemilu 2024 Kabupaten Purworejo juga akan dilaksanakan di 6 Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada di Kabupaten Purworejo, hingga nanti Kirab Pemilu dilanjutkan dan diserah terimakan kepada KPU Kebumen pada tanggal 11 November 2023.

Sebelum pelepasan Kirab Pemilu 2024 Kabupaten Purworejo, dilaksanakan upacara serah terima Kirab Pemilu 2024 dari KPU Wonogiri kepada KPU Purworejo di Pendopo Kabupaten Purworejo.

Serah terima dilakukan dengan ditandai penyerahan bendera merah putih, bendera pataka KPU dan kotak hitam jagad Saksana Wonogiri kepada Jagad Saksana Purworejo.

Dalam upacara serah terima Kirab itu juga dilaksanakan penandatanganan deklarasi Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa, yang lakukan oleh KPU Purworejo, Bawaslu Purworejo, Plt Bupati Purworejo dan Forkompimda, serta para partai politik peserta Pemilu 2024.

Selain penandatanganan deklarasi, juga dilakukan penyerahan kenang kenangan antar kedua KPU dan penyerhan plakat kepada Plt Bupati dan Fokompimda, KPU dan Bawaslu Purworejo.

Hadir dalam kegiatan serah terima Kirab Pemilu 2024 itu, KPU Jateng, pengurus KPU Purworejo periode lama, sekretaris KPU Purworejo, PPK 16 Kecamatan, Bawaslu dan para pimpinan partai politik peserta Pemilu 2024.

Ketua KPU Purworejo, Jarot Sarwo Sambodo, memgatakan, Kirab Pemilu 2024 merupakan salah satu upaya KPU untuk mengajak masyarakat menyemarakan pesta Demokrasi 2024. Melalui kegiatan itu KPU ingin partisipasi masyarakat pemilih pada Pemilu serentak 2024 bisa meningkat dari Pemilu sebelumnya

“Tujuanya kita ingin mengedukasi masyarakat, mengingatkan kepada masyarakat bahwa pemilu ini sudah dekat sudah didepan mata, maka masyarakat ayo monggo silahkan gunakan hak pilihnya dalam pemilu ditanggal 14 Februari 2024 mendatang,” kata Jarot, saat ditemui usai kegiatan.

Seperti diketahui Pemilu serentak akan digelar pada 14 Februari 2024 mendatang. Dalam Pemilu itu akan dilaksanakan pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi serta DPRD kabupaten/kota.

“Tentunya dengan semangat ini harus kita tularkan kepada masyarakat, kita edukasikan, kita penetrasikan kepada publik bahwa pemilu ini sudah dekat, pemilu ini harus kita sengkuyung bersama, pemilu bukan hanya urusan penyelenggara pemilu dan peserta pemilu saja ataupun Pemda tapi juga seluruh masyarakat dan yang paling penting justru adalah partisipasi publik dalam menjalankan proses pemilu sehingga bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Dalam Kirab Pemilu 2024 KPU Purworejo juga melibatkan para Disabilitas. Hal itu dilakukan oleh KPU Purworejo sebagai bentuk sosialisasi dan perhatian terhadap para Disabilitas yang menjadi bagian dari para pemilih dalam Pemilu 2024 nanti.

“Dalam Undang- undang Pemilu itu mengatur bahwa pemilu ini bersifat inklusif, terutama disabilitas. Maka penyelenggara pemilu diberikan tugas amanah yang sebesar -besarnya, agar bagaimana temen- temen Disabilitas ini bisa terlayani dengan baik. Terkait dengan penggunaan hak suaranya nanti didalam peraturan itu diatur mereka bisa mengajak atau meminta tolong orang yang dipercaya, untuk mendampingi dibilik suara. Kita menfasilitasi seluas- luasnya kepada teman- teman Disabilitas, jangan sampai kita meninggalkan hak mereka,” jelasnya.

Disebutkan dalam pendataan pemilih melalui PPS dan PPK, KPU, pemutakhiran data pemilih juga dilakukan pendataan terhadap Disabilitas.

“Di Purworejo ada sekitar 4.900an pemilih Disabilitas, dan tentunya mereka akan memilih dan akan kita layani semaksimal mungkin dengan menyesuaikan peraturan yang ada,” sebutnya.

PLT Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, mengatakan, Kirab Pemilu 2024 merupakan wahana yang baik bagi kita semua untuk bisa mensosialisasikan pemilu dengan damai, pemilu yang berintegritas dan tentunya pemilu yang bersih.

“Kita ketahui bersama, pesta demokrasi akbar bagi masyarakat Indonesia, melalui pemilu serentak, akan dilangsungkan pada tanggal 14 Februari 2024 nanti. Sementara penyelenggaraan Pilkada akan dselenggarakan serentak juga di seluruh daerah pada tanggal 27 November 2024. Menyongsong perhelatan akbar tersebut, kita semua, mulai dari pemerintah, penyelenggara pemilu, aparat keamanan dan seluruh komponen masyarakat, harus mempersiapkan diri. Bukan hanya menghadapi hari H pemungutan suara, namun proses sebelum dan sesudahnya,” katanya.

Selain itu Yuli Hastuti juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar ikut serta menciptakan suasana yang kondusif dan damai selama pemilu 2024 nanti.

“Gunakan hak pilih sesuai hati nurani masing -masing tanpa harus mengganggu pilihan orang lain,” tegasnya. (P24/Wid)


Eksplorasi konten lain dari Purworejo24.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.