Scroll untuk baca artikel
EkonomiPemerintahanSeni BudayaSosialWisata

Angkat Potensi Desa, Warga Desa Bagelen Gelar Kirab Budaya

24
×

Angkat Potensi Desa, Warga Desa Bagelen Gelar Kirab Budaya

Sebarkan artikel ini
Pemerintah Desa Bagelen, Kecamatan Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah, menggelar kirab budaya,
Pemerintah Desa Bagelen, Kecamatan Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah, menggelar kirab budaya,

BAGELEN, purworejo24.com – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke 78 Republik Indonesia, pemerintah Desa Bagelen, Kecamatan Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah, menggelar kirab budaya, pada Minggu (27/8/2023).

Kirab itu diikuti oleh ratusan warga dari unsur perangkat desa dan perwakilan dari seluruh RW yang ada di Desa Bagelen. Mereka melakukan kirab dimulai dari titik start dari petilasan Sunan Geseng dengan melewati jalan utama Purworejo-Yogyakarta dan menyusui jalan perkampungan hingga sampai di balai desa Bagelen dengan menempuh jarak sekitar 4 KM.

Rombongan kirab diawali dengan grup drumb band dari SD N Bedug, lalu pasukan bendera merah putih, gunungan hasil bumi dan barisan estafet gunungan, barisan perangkat desa, perwakilan RW dan perwakilan PWB, Yaci serta UGM. Sesampainya di balai desa Bagelen, kirab dilanjutkan dengan jumenengan gunungan dan perebutan gunungan oleh warga.

Kirab budaya itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan Gumregah Bagelen yang dilaksanakan oleh warga Bagelen selama tiga hari di bulan Agustus 2023.

Selain kirab budaya, pada Senin (28/8/2023) pameran UMKM desa dan Festival Hadroh. Sedangkan di hari ketiga pada Selasa (29/8/2023), Gumregah Bagelen diisi dengan kegiatan kontes kambing etawa, pementasan tari kuda lumping Waringin Kridho Turonggo Mudho, dan campursari ringkes.

Ketua panitia kegiatan, Widiyanto, mengatakan, kegiatan itu baru pertama kali diadakan di Desa Bagelen. Selain memperingati HUT Kemerdekaan, kegiatan itu dilaksanakan untuk mengangkat potensi Desa Bagelen.

“Kegiatan ini semata-mata ingin menindaklanjuti dari program Bagelen Desa Wisata, yang pada tanggal 30 September 2022 lalu menyatakan bahwa desa wisata religi Desa Bagelen menjadi terbaik kedua di Kabupaten Purworejo. Adapun tujuan kegiatan ini adalah turut serta membangun dan mengangkat nama Bagelen dengan karya serta kreatifitas untuk mendukung potensi desa wisata sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat,” ungkap Widiyanto, saat ditemui usai kirab.

Dikatakan, visi misi dari kegiatan itu yaitu menciptakan kreatifitas dan karya seni demi kemajuan desa dan wilayah, dari itu bila sebuah wilayah diangkat menjadi potensi wisata otomatis desa itu dengan sendirinya akan terangkat. Potensi usaha, potensi sumber daya manusia di Bagelen akan muncul dengan sendirinya untuk menarik minat pengusaha, menanamkan modal dan membuka usaha di Bagelen.

“Karena 10 menit sudah bisa sampai di Bandara YIA Kulonprogo Yogyakarta, dan Bagelen merupakan pintu masuk utama dari Bandara itu, pintu masuk melalui Purworejo adalah di Bagelen. Oleh karena itu kami ingin mengangkat wisata Bagelen,” ujarnya.

Sesuai dengan harapan dan cita- cita, dengan mengangkat wisata akan masuk investasi, dunia usaha di Bagelen, sehingga akan mengangkat UMKM warga yang ada di Desa Bagelen.

“Kesimpulannya adalah mengangkat nama Bagelen demi masyarakat yang berbudaya, berkreatifitas, sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat,” pungkasnya.(P24/Wid)


Eksplorasi konten lain dari Purworejo24.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.