Lingkungan HidupPemerintahanReligi

Warga Jenar Kidul Latih Kemandirian dan Percaya Diri Anak dengan Lomba Memancing

1029
×

Warga Jenar Kidul Latih Kemandirian dan Percaya Diri Anak dengan Lomba Memancing

Sebarkan artikel ini
Puluhan anak-anak mengikuti kegiatan mancing bareng atau lomba memancing di saluran air selatan Masjid Tiban Jenar Kidul, pada Rabu 19 Juli 2023
Puluhan anak-anak mengikuti kegiatan mancing bareng atau lomba memancing di saluran air selatan Masjid Tiban Jenar Kidul, pada Rabu 19 Juli 2023

PURWODADI, purworejo24.com – Puluhan anak- anak dengan usia SD kebawah yang tinggal di Desa Jenar Kidul, Kecamatan Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah, mengikuti kegiatan mancing bareng atau lomba memancing di saluran air (irigasi) selatan Masjid Tiban Jenar Kidul, pada Rabu 19 Juli 2023.

Lomba mancing itu dilaksanakan dalam rangka memperingati tahun baru islam, 1 Muharram 1445 Hijriah. Lomba itu digelar secara gratis dengan telah disediakanya joran (alat pancing) dan umpan untuk memancing.

Tampak puluhan anak- anak ditemani orang tua atau pendamping memadati sisi sebelah kanan saluran air (irigasi). Mereka secara antusias dan semangat memancing ikan jenis lele dan nila yang telah ditebar oleh panitia sebanyak kurang lebih 70 Kg.

Puluhan hadiah dan doorprice pun telah disediakan bagi para peserta, bukan saja kepada peserta yang menang dengan hasil memancing ikan terbanyak, namun juga untuk seluruh peserta yang hadir. Selain doorprice, panitia juga menyediakan hadiah berupa sejumlah uang bagi mereka yang berhasil memancing ikan nila, yang ditebar secara sedikit oleh panitia.

Ketua panitia kegiatan, Nanang, mengatakan, selain memperingati tahun baru Islam, 1 Muharram 1445 Hijriah, lomba mancing itu dilaksanakan sebagai bentuk usaha dalam memberikan kegiatan kepada anak-anak yang positif.

“Dengan kegiatan lomba mancing yang mana mereka tanpa kontribusi, mereka datang secara gratis, disediakan joran dan umpan untuk ikan lele juga disediakan banyak hadiah serta doorprice. Semua anak yang ikutpun tanpa terkecuali bisa mendapatkan doorprice yang disediakan oleh panitia,” kata Nanang, saat ditemui di sela kegiatan.

Lomba mancing yang telah dilaksanakan secara rutin setiap tanggal 1 Muharram itu, memiliki tujuan untuk melatih kemandirian anak, dimana dalam lomba itu diberlakukan aturan orang tua atau pendamping hanya boleh membantu memasangkan umpan dan melepaskan ikan namun tidak boleh membantu menarik ikan maupun mengarahkan ikan.

“Selain anak bisa percaya diri, melatih orang tua juga agar bisa percaya dengan anaknya. Event ini sudah kita laksanakan tahun keempat ini. Setiap tahun kami laksanakan, kami paskan dengan tanggal 1 Muharram,” ujarnya.

Disebutkan, ada sebanyak 89 peserta yang ikut dalam lomba memancing itu. Peserta merupakan anak-anak yang memiliki batasan usia SD ke bawah dan dibatasi pula bagi mereka yang tinggal atau bersekolah di SD Desa Jenar Kidul.

“Kegiatan ini kita lakukan di saluran air irigasi yang melintas di samping selatan Masjid Tiban Jenar Kidul, dengan menggandeng takmir dan remaja masjid, selain bersih juga relatif mudah dijangkau oleh anak- anak,” jelasnya.

Selain sebagai pengingat bahwa 1 Muharram merupakan hari yang baik untuk umat Islam, secara pribadi diharapkan dengan lomba mancing itu bisa melatih kemandirian dan melatih percaya diri bagi anak, melatih menghadapi persoalan secara sendiri, dimana orang tua dari belakang hanya boleh mengarahkan.

“Mereka juga dilatih sabar ketika teman- temanya dapat ikan, sementara dia tidak dapat,” terangnya.

Nanang berharap kedepan even itu bisa digelar secara lebih besar lagi, dengan melibatkan banyak segmen dan area secara lebih luas. Dimana kegiatan itu bisa terlaksana berkah dukungan donatur dari sejumlah warga masyarakat.

“Tentunya dengan melihat situasi kedepan, namun yang jelas event ini untuk anak-anak SD ke bawah dan kita laksanakan secara rutin setiap tahun,” pungkasnya.(P24/Wid)


Eksplorasi konten lain dari Purworejo24.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.