10.000 Peserta Ikuti Jalan Sehat Berhadiah Umroh Muhammadiyah

oleh -
oleh
Penyerahan hadiah umroh pada acara kegiatan Jalan Sehat yang diadakan oleh PDM Kabupaten Purworejo di Alun-alun Kutoarjo, Minggu 11 September 2022.
Penyerahan hadiah umroh pada acara kegiatan Jalan Sehat yang diadakan oleh PDM Kabupaten Purworejo di Alun-alun Kutoarjo, Minggu 11 September 2022.

KUTOARJO, purworejo24.com – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggelar kegiatan Jalan Sehat yang diikuti oleh 10.000-an masyarakat Kabupaten Purworejo dengan titik kumpul di Alun-alun Kutoarjo, pada Minggu 11 September 2022.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka menyambut Muktamar Muhammadiyah dan `Aisyiyah ke- 48 yang diselenggarakan serentak di 35 Kabupaten/Kota se- Jawa Tengah. Ketua PDM Kabupaten Purworejo, Drs. H. Pujiono, menyampaikan bahwa warga Muhammadiyah dan masyarakat umum di Kabupaten Purworejo sangat antusias mengikuti kegiatan itu, hal itu menjadi bentuk syiar yang luar biasa.

“Kegiatan jalan sehat ini merupakan satu rangkaian dengan kegiatan sebelumnya yakni Hari Ber-Muhammadiyah – Pengajian Akbar pada 2 pekan lalu di Purworejo. Dalam rangka syiar Pra Muktamar Muhammadiyah dan `Aisyiyah ke- 48 di Solo pada November nanti,” katanya.

Kegiatan itu, lanjutnya, diikuti oleh seluruh pimpinan cabang Muhammadiyah `Aisyiyah  (PCM/A) se-kabupaten Purworejo, angkatan muda Muhammadiyah, Amal Usaha Muhammadiyah dari tingkat TK/KB, SD/MI, SMP, SMA, SMK SLB, UMP, Panti Asuhan, PKU dan masyarakat umum lainnya se-Kabupaten Purworejo.

“Semua mendukung agenda ini. Kami berharap seluruh masyarakat Kabupaten Purworejo untuk mendukung Muhammadiyah Purworejo dimana program-programnya dalam rangka mendukung pencerahan umat dan juga menuju Indonesia yang lebih maju serta berkontribusi pada pembangunan bangsa Indonesia pada umumnya, serta khususnya pada kabupaten Purworejo,”  ujar Pujiono.

Dalam kegiatan itu, berhasil terkumpul hadiah hiburan sejumlah 110 macam hadiah, mulai dari kulkas, mesin cuci, sepeda gunung, sepeda lipat, kompor gas, blender, mixer, dispenser, kipas angin dan berbagai hadiah pendukung lainnya serta hadiah utama umroh telah diserahkan kepada para peserta jalan sehat.

Kegiatan itu juga diramaikan dengan drum band yang berjajar selang-seling dengan rombongan peserta. Ada 4 tim grup drum band yang ikut diantaranya dari SD Muhammadiyah Kutoarjo, SD Muhammadiyah 01 Purworejo, SMA Muhammadiyah Purworejo dan SMK Muhammadiyah Purworejo.

Tak hanya itu, kegiatan itu juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan siswa-siswi Muhammadiyah berupa solo vokal, tari kreasi, pidato, grub band cilik dan lainnya. Selain itu juga digelar bazar UMKM baik dari warga Muhammadiyah maupun masyarakat umum lainnya.

Jalan sehat dibuka langsung oleh Wakil Bupati Purworejo H. Yuli Hastuti, MM dengan pengibaran bendera start dan dihadiri pula oleh perwakilan Forkompimda beserta jajarannya. Juga ada pelepasan 48 burung merpati sebagai tanda Muktamar ke- 48 dan penyerahan simbolis santunan dari BAZNAS Kabupaten Purworejo pada beberapa pihak.

“Sukses untuk kegiatan jalan sehat kali ini Muhammadiyah, semoga selalu memberikan kebermanfaatan semua,”  harapnya.

Jalan sehat itu juga merupakan syiar gerakan Muhammadiyah Zero Waste, dimana mengajak kepada seluruh masyarakat untuk peduli dengan sampah dan menjaga lingkungan sekitar termasuk dengan kebersihan alun-alun Kutoarjo. Setelah agenda tetap terjaga bersih dari sampah yang didukung oleh tim HW Darul Arqom Purworejo, SMP Muhammadiyah Kutoarjo, SMA Muhammadiyah Kutoarjo dan Angkatan Muda Muhamamdiyah lainnya.(P24/Wid)