Bangun Gedung 4 Lantai, Klinik Utama PKU Muhammadiyah Kutoarjo Akan Jadi RSU Tipe D

oleh -
Prosesi peletakan batu pertama pembangunan gedung RS Muhammadiyah Kutoarjo dilakukan oleh PDM Purworejo bersama sejumlah tokoh masyarakat
Prosesi peletakan batu pertama pembangunan gedung RS Muhammadiyah Kutoarjo dilakukan oleh PDM Purworejo bersama sejumlah tokoh masyarakat

KUTOARJO, purworejo24.com – Guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mengembangkan usaha kesehatan dengan membangun Klinik Utama PKU Muhammadiyah Kutoarjo menjadi gedung 4 lantai.

Prosesi peletakan batu pertama pembangunan gedung telah dilakukan oleh PDM Purworejo bersama sejumlah tokoh masyarakat pada Sabtu 26 Juni 2022. Pembangunan gedung 4 lantai Klinik Utama PKU Muhammadiyah Kutoarjo dilakukan sebagai langkah pengembangan fasiltas kesehatan yang ada yaitu berupa Klinik Utama menjadi Rumah Sakit Umum (RSU) Tipe D.

“Kami berharap PKU Muhammadiyah Kutoarjo tumbuh berdiri menuju ke Rumah Sakit Tipe D untuk melayani masyarakat umum dalam rangka melayani dalam bidang kesehatan yang tidak membedakan apapun. Mudah-mudahan tumbuh semangat ta`awuun menjadi rumah sakit kebanggaan umat Islam khususnya di Kutoarjo dan umumnya di Kabupaten Purworejo,” kata H. Moh. Mansur, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kutoarjo, pada Senin 27 Juni 2022.

Dijelaskan, proses pembangunan gedung itu akan dilaksanakan di atas tanah seluas 3.400 meter pesergi dengan luas bangunan yang dibangun direncanakan 800an meter persegi dan bertingkat 4 lantai serta fasilitas 50 tempat tidur baru.

“Atas kerjasamanya dari pihak pemerintah Kecamatan, Kapolsek, Danramil, Lurah Kutoarjo, RW /RT, segenap pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kutoarjo beserta ortomnya, segenap Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Purworejo. Juga tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada ketua Pimpinan Wilayah dan Pimpinan Pusat yang telah men-support kami untuk bersama-sama membangun PKU Muhamamdiyah Kutoarjo ini. Kemudian sesepuh yang telah berjuang mempelopori yang telah tiada semoga mendapatkan tempat yang layak sesuai dengan perjuangannya di surga Allah,” katanya.

Dalam pelaksanaan proses pembangunan gedung baru itu, nantinya akan dibangun bersama tim teknis dari Veroes Yogyakarta dan juga bekerja sama dengan PCM Sruweng dan RS PKU Muhammadiyah Sruweng.

Adapun Klinik Utama Rawat Inap PKU Muhammadiyah Kutoarjo terletak di Jalan Kauman I No. 6 Kutoarjo, Kecamatan Kutoarjo, sejak tahun 2000 yang sebelumnya terletak di Jalan Diponegoro Kutoarjo. Klinik Utama Rawat Inap PKU Muhammadiyah Kutoarjo merupakan Klinik Utama Rawat Inap memiliki Ijin Operasional Klinik yang diterbitkan oleh Dinas Kesehatan dengan Nomor 188.4/075/2016 yang diterbitkan tanggal 20 Juni 2016.

Ketua PDM Kabupaten Purworejo Drs. H. Pujiono mengharapkan kemajuan ke depan dalam bidang kesehatan dan mampu memberikan kemanfaatan bagi masyarakat dengan adanya lembaga kesehatan ini.

“Pembangunan PKU Muhammadiyah Kutoarjo hari ini sudah kita mulai. Tentu ini menjadi mimpi kita bersama agar di Kabupaten Purworejo memiliki Rumah Sakit Muhammadiyah yang representatif. Maka PKU Kutoarjo ini menjadi alternatif agar masyarakat betul-betul merasakan hadirnya PKU Muhammadiyah Kutoarjo.

Uuntuk memberikan pelayanan umat yang prima sehingga kabupaten Purworejo benar-benar masyarakatnya adalah masyarakat yang sehat, masyarakat yang punya kompetisi yang hebat untuk membangun kebersamaan mewujudkan masyarakat beserta Muhammadiyah dan Purworejo yang berkemajuan. Mohon doa kepada seluruh masyarakat agar pembangunan ini dapat terwujud memenuhi harapan masyarakat,” harapnya.

Sesepuh Muhammadiyah Kutoarjo, Muh Darudin, sebagai orang tua mengaku bangga dengan melihat hasil dari zaman dahulu dan sekarang. Dirinya berharap pembangunan gedung PKU Muhammadiyah bisa menjaga amanah dan menjalankan tugas dengan baik.

“Menjaga amanah berat tetapi itu mulia. Maka dari itu, saya harapkan semua yang terlibat dalam pembangunan supaya bisa menjaga amanah,” harapnya.

Melalui selogan Sehat – Bersahabat, Klinik Utama Rawat Inap PKU Muhammadiyah Kutoarjo selalu berusaha untuk meningkatkan dan mengembangkan mutu pelayanan diseluruh jajaran yaitu dengan pendekatan personal kepada pasien sesuai dengan Visi utama Klinik Utama Rawat Inap PKU Muhammadiyah Kutoarjo yaitu Menjadikan Klinik Utama Rawat Inap PKU Muhammadiyah Kutoarjo sebagai Rumah Sakit Islam Terdepan Dalam Pelayanan.

Untuk mewujudkan Visi tersebut maka dibarengi dengan Misi yaitu menjadi unit pelayanan medis yang berdasar ukhuwah Islamiyah, menjadi unit pelayanan medis dengan pelayanan prima,  melayani segala lapisan usia dengan pendekatan keluarga, mengutamakan pelayanan cepat, sederhana, terbuka, ramah dan efisien.

“Serta mengedepankan motto  SENYUM (Sederhana, Efisien, NYaman, Upaya, Manfaat). Peningkatan dan pengembangan mutu pelayanan ini tercapai berkat partisipasi, dorongan dan dukungan dari seluruh jajaran yang terkait,” katanya.

Klinik Utama Rawat Inap PKU Muhammadiyah Kutoarjo memberikan pelayanan di bidang kesehatan kepada masyarakat umum baik untuk Pasien Rawat Jalan dan Rawat inap yang meliputi Pelayanan UGD 24 Jam, Pelayanan Rawat Jalan Umum, Pelayanan Pemeriksaan KB, Pelayanan Rawat Inap, Pelayanan lainnya.(P24/Wid)