Satu-satunya SMK Pusat Keunggulan di Purworejo, SMK TI Kartika Cendekia Rebut 4 Juara Lomba LKS Tingkat Kabupaten

oleh -
Kepala sekolah SMK TI Kartika Cendekia bersama Siswa berprestasi pada LKS tingkat Kabupaten Purworejo
Kepala sekolah SMK TI Kartika Cendekia bersama Siswa berprestasi pada LKS tingkat Kabupaten PurworejoKepala sekolah SMK TI Kartika Cendekia bersama Siswa berprestasi pada LKS tingkat Kabupaten Purworejo

PURWOREJO, purworejo24.com – Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Kabupaten Purworejo Tahun 2022 telah dimulai sejak Senin 24 hingga 28 Januari 2022. Dari kejuaraan tersebut SMK TI Kartika Cendekia yang terletak di JL. W.R. SUPRATMAN NO. 19, Baledono, Kecamatan Purworejo berhasil merebut 4 Tropi juara.

<

Kepala Sekolah SMK TI, Agus Setya Ardianto menjelaskan pada LKS kali ini 2 cabang lomba berhasil mendapatkan peringkat pertama yaitu Teknologi Desain Grafis, Dan Teknologi Informasi sistem Administrasi Jaringan. Sedangkan untuk cabang lomba Teknologi Informasi Piranti Lunak untuk Bisnis mendapat peringkat 2 dan Teknik Desain Laman mendapatkan peringkat 3.

“Teknologi Desain Grafis atas nama Aji Irawan Diantana dengan nilai 85, Teknologi Informasi sistem Administrasi Jaringan atas nama Tresna Raditya  dengan nilai 86, Teknologi Informasi Piranti Lunak Untuk Bisnis atas nama Putut Priambodo dengan nilai 328,25 dan Teknik Desain Laman atas nama Fajar Bayu Timur dengn nilai 85,5,” katanya kepada purworejo24.com pada Jumat 28 Januari 2022.

Beberapa cabang lomba dalam LKS yang dipertandingkan yakni Bricklaying, Teknik Pemasangan Tegel Keramik Dinding dan Lantai, Mechanical Engineering CAD, Teknik Instalasi Kelistrikan, Teknologi Automobil, Teknik Pengelasan, Teknik Permesinan, dan Teknik Kontrol Industri.

Berikutnya Sistem Otomasi Mesin Perkakas, Teknik Rekayasa Cetak Plastik, Prototype Modelling, Teknik Pengukuran, Teknik Perawatan dan Perbaikan Sepeda Motor, CAD Building, Teknologi Informasi Piranti Lunak untuk Bisnis, Teknologi Desain Grafis, Teknologi Informasi Sistem Administrasi Jaringan, Teknik Desain Laman, Teknik Perancangan model 3 Dimensiy, Hotel Reception, Teknologi Mode, Keperawatan sosial dan Kesehatan, Farmasi, dan Pemasaran Daring.

Pelaksanaan LKS dilaksanakan di 10 tempat yang berbeda dengan Peserta yang terdaftar sebanyak 162 siswa.

Agus menambahkan, sejak awal berdiri tahun 2009 SMK TI Kartika Cendekia terus berkembang yang semula ada 2 jurusan yakni Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Multi Media akhirnya pada tahun 2021 sekolahnya mendapatkan predikat SMK Pusat Keunggulan.

SMK Pusat Keunggulan merupakan perwujudan visi Presiden Joko Widodo terkait pembenahan pendidikan vokasi sebagai strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

”Dengan mendapat predikat tersebut jurusan yang ada di kami berganti nama dari TKJ menjadi Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. Untuk Multimedia diganti menjadi Desain Komunikasi Visual,” katanya.

Kepala sekolah yang membawahi 392 siswa ini menambahkan, dari 901 SMK se-Indonesia yang mendapatkan predikat “SMK Pusat Keunggulan”, SMK TI Kartika Cendekia yang berada di bawah naungan Yayasan Kartika Puri Purworejo bertengger di posisi 90 terbaik.

Sekolah yang terpilih dalam program SMK Pusat Keunggulan diharapkan menjadi rujukan serta melakukan pengimbasan untuk mendorong peningkatan kualitas dan kinerja SMK di sekitarnya.

“Hanya kami (SMK TI Kartika Cendekia) yang terpilih satu-satunya di Purworejo,” katanya. (P24-bayu)