Dinkominfostasandi Gandeng DPRD Kunjungi Dewa Pandan

oleh -
Dinkominfostasandi Kabupaten Purworejo menggandeng anggota DPRD Komisi I Kabupaten Purworejo melakukan kunjungan di Desa Pandanrejo
Dinkominfostasandi Kabupaten Purworejo menggandeng anggota DPRD Komisi I Kabupaten Purworejo melakukan kunjungan di Desa Pandanrejo

KALIGESING, purworejo24.com – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Dinkominfostasandi) Kabupaten Purworejo menggandeng anggota DPRD Komisi I Kabupaten Purworejo melakukan kunjungan di Desa Pandanrejo untuk menjadi nara sumber dalam Program Cangkir Kopi yang digelar di Pendopo Gunung Gajah Pandanrejo Kecamatan Kaligesing, .

<

Cangkir Kopi pada Kamis 20 Januari 2022 ini bertema Desa Wisata Pandanrejo (Dewa Pandan). Acara ini dihadiri Ketua Komisi I Hj.Tursiyati SE, Wakil Ketua H. Budi Sunaryo A.Md., Sekretaris H. Ahmad Tawabi, anggota DPRD Timbul Susilo, dan Kabid Informasi Komunikasi Publik (IKP) Dinkominfostasandi Galuh Bakti Pertiwi S.STP., M.M., Kepala Desa Pandanrejo Supandi, dan Pengelola Dewa Pandan Desy Nugroho.

Dalam kegiatan tersebut Tursiyati mengatakan, desa wisata merupakan potensi desa yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Sehingga sangat penting pengembangan desa wisata.

“Seperti wisata Dewa Pandan ini, supaya dapat dimaksimalkan pengelolaannya dan melibatkan masyarakat desa. Diharapkan, Dinkominfostasandi untuk lebih intens agar dapat membantu promosi widata Dewa Pandan,” tuturnya.

Ditambahkan Budi Sunaryo, terkait fungsi DPRD ada 3 fungsi monitoring, budgeting dan membuat peraturan daerah. Peran Dinkominfostasandi yang salah satunya mengangkat potensi desa seperti wisata Dewa Pandan, tentunya bagus dapat ditingkatkan dan merambah ke desa-desa lain.

Kabid IKP Galuh Bakti Pertiwi yang membuka Program Cangkir Kopi menjelaskan, bahwa Dinkominfostasandi mempunyai Tupoksi diantaranya dalam hal pengelolaan informasi dan komunikasi publik serta pengelolaan opini dan aspirasi publik.

Dalam rangka melaksanakan Tupoksi tersebut bisa dilakukan dalam berbagai media yaitu dengan baliho/spanduk, publikasi kegiatan, ataupun melalui media-media berupa konten dan program di media online.

Cangkir kopi, merupakan acara talk show yang ditayangkan di Youtube yang setiap episodenya mengangkat tema dan mengundang narasumber tertentu.

Berbeda dengan tahun lalu yang dilaksanakan di area OPD kabupaten, untuk tahun ini lanjut Galuh, kegiatan Cangkir Kopi dilaksanakan di desa atau kecamatan dengan harapan untuk mempublikasikan program-program pemerintah kepada masyarakat, dan juga mengangkat potensi wilayah atau daerah yang ada di Kabupaten Purworejo sehingga dapat lebih berkembang.

Sementara itu Kepala Desa Supandi mengatakan, wisata Dewa Pandan merupakan kerja keras masyarakat yang memiliki semangat dan niat.

“Sehingga dalam dua tahun ini, terlihat hasilnya dan sekarang menjadi desa wisata rintisan. Kedepan kami ingin Dewa Pandan semakin berkembang dan perlu dukungan dari berbagai pihak,” harapnya.

Selain kegiatan cangkir kopi, juga dilakukan kunjungan ke wisata Puncak Gunung Gajah Pandanrejo, dengan melihat pemandangan alam yang masih asri.(P24/Nuh)