Ratusan Siswa dan Guru di SMP N 26 Purworejo Belajar Pemadaman Kebakaran

oleh -
Seorang siswi SMP N 26 Purworejo dan Damkar Purworejo melakukan simulasi pemadaman api
Seorang siswi SMP N 26 Purworejo dan Damkar Purworejo melakukan simulasi pemadaman api

PURWOREJO, purworejo24.com – Petugas pemadam kebakaran pada Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, memberikan sosialisasi dan simulasi pemadam kebakaran yang diadakan oleh SMP N 26 Purworejo, pada Rabu 22 Desember 2021. Sosialisasi dan simulasi itu diikuti oleh ratusan siswa, guru, staf dan karyawan SMP N 26.

<

Kegiatan itu dilakukan sebagai edukasi tentang bahaya kebakaran dan cara penanggulangannya.. Kasi Damkar pada Satpol PP dan Damkar Purworejo, Rubino, menjelaskan, sosialisasi dan simulasi pemadam kebakaran dianggap perlu untuk disampaikan kepada siswa dan guru yang menjadi keluarga besar sekolah untuk mengetahui dan memiliki ketrampilan yang baik dalam mencegah dan menangani bila terjadi kebakaran.

“Pelajar merupakan bagian dari rumah tangga yang sejak dini harus diberi dan dibekali edukasi tentang bahaya kebakaran dan cara penanggulangannya,” katanya.

Kegiatan itu, jelasnya, dimulai dengan memberikan sejumlah materi diantaranya penjelasan profesi pemadam kebakaran, pengenalan Alat Pelindung Diri dan keselamatan petugas saat penanganan kejadian kebakaran, teknik pemadaman tradisional dari kain basah dan pemadaman mengunakan Tabung APAR.

Siswa dan guru juga ikut melaksanakan praktek pemadaman dengan di pendampingan petugas Damkar.

“Kami harapkan dengan sosialisasi dan simuliasi ini, siswa SMP N 26 Purworejo bisa mengetahui bagaimana cara penanggulangan awal saat terjadi kebakaran, dan kiranya dapat membagikan ilmunya, minimal dengan tetangga sekitar, dan dapat dilakukan saat terjadi kebakaran,”  harapnya.(P24/Wid)