Gowes Sambil Berwisata, Komunitas Samsugo Bekasi Kunjungi Tempat Wisata di Purworejo dan Kulonprogo

oleh -
Komunitas Samsugo Bekasi kunjungi tempat wisata di Purworejo dan Kulonprogo
Komunitas Samsugo Bekasi kunjungi tempat wisata di Purworejo dan Kulonprogo

NGOMBOL, purworejo24.com – Puluhan anggota Komunitas Gowes Samsugo dari Bekasi, Jawa Barat, bersama sejumlah pegowes Purworejo, Jawa Tengah, mengikuti Tour Santai dengan gowes bersama mengunjungi sejumlah obyek wisata di Kabupaten Purworejo dan Kulonprogo, DIY, pada Sabtu (4/12/2021).

<

Mereka melakukan gowes dengan start dari Desa Sumberejo Kecamatan Ngombol lalu menyusuri jalan-jalan desa menuju lokasi wisata dengan menempuh jarak sekitar 80 KM hingga kembali finis di Desa Sumberrejo. Ada 4 lokasi yang mereka kunjungi, diantaranya Waduk Sermo Yogyakarta, Bandara YIA, hutan mangruve Kadilangu dan pantai Dewaruci Desa Jatimalang.

“Kegiatan ini untuk memperkenalkan tempat-tempat wisata di Purworejo dan DIY kepada teman-teman komunitas Samsugo, dimana para anggota komunitas Samsugo sendiri sebagian merupakan orang-orang Purworejo yang kebetulan tinggal di Bekasi dan sengaja kita ajak datang ke Purworejo untuk kita kenalkan wisata yang ada di Purworejo,” ungkap Suprapto, pegowes asal Desa Somorejo Kecamatan Bagelen, saat ditemui disela gowes.

Komunitas Samsugo Bekasi kunjungi tempat wisata di Purworejo dan Kulonprogo

Dikatakan, banyak tempat-tempat wisata yang bagus dan belum bisa dikenal serta dikunjungi oleh para pegowes asal luar daerah.

“Masih banyak tempat wisata yang belum bisa dikunjungi karena waktu mepet namun Alhamdulillah sudah sesuai target dengan mengunjungi empat tempat wisata,” katanya.

Koordinator komunitas Samsugo Bekasi, Muhammad Novizulsyah bersama anggota, Muhammad Yasin, mengatakan, mereka baru mengetahui jika Purworejo dan Kulonprogo memiliki potensi wisata yang sangat indah. Mereka selama ini baru mengetahui tempat-tempat wisata itu dari medsos.

“Maka kami menyarankan bagi rekan-rekan yang belum ke sini bisa dicoba untuk datang dengan mengunjungi spot-spot destinasi wisata di daerah Purworejo dan Yogyakarta,” katanya.

Diakui, dirinya merasa senang dengan kegiatan gowes tour santai dengan mengunjungi Purworejo itu. Kegiatan itu sudah sejak dua tahun lalu telah direncanakan, namun lantaran pandemi covid-19, kegiatan gowes tour santai baru bisa dilaksanakan saat ini.

“Alhamdulillah banyak spot wisata yang cukup menarik dengan medan yang cukup menantang baik di Purworejo maupun di Kulonprogo,” ucapnya.

Dijelaskan, komunitas gowes Samsugo adalah nama singkatan dari kata sama-sama suka gowes. Komunitas itu beranggotakan sekitar 70 orang yang terdiri atas para pensiunan pegawai di Bekasi dan sekitarnya.

“Jadi komunitas itu ada sejak 7 tahun lalu, awalnya dari kita kumpul-kumpul, lalu kita sama-sama gowes dan kita batasi usia dengan prinsip sama-sama happy sama-sama gowes,” ujarnya.

Kuslarno pegowes dari Bekasi, menambahkan, komunitas gowes Samsugo dibentuk lebih mengedepankan kebersamaan, menjalin tali silatutohim dan mencari sehat yang murah. Mereka hampir setiap harinya melakukan aktifitas gowes secara rutin dengan menempuh jarak minimal 20-25 KM.

“Kita hobinya mencari lokasi yang tanjakan dan menantang di samping kita mencari suasana baru juga sekaligus berwisata tapi tujuannya adalah satu yaitu sehat,” tambahnya.

Sejumlah lokasi wisata dengan jalan cukup menantang baik di Jawa Barat dan Jawa Tengah telah mereka datangi. Selain bergowes mereka juga berwisata untuk menghilangkan kejenuhan.

“Purworejo luar biasa, trek cakep dengan tanjakan yang cukup ekstrim dan kedepan akan kita agendakan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata lain di Purworejo. Kami ingin menjalin kebersamaan dengan komunitas selain itu juga mengenalkan wisata kepada teman-teman pegowes dari luar daerah,” pungkasnya.(P24/Wid)