Cari Pelatih Panahan Handal, FKKS SD/MI Gelar Pelatihan Dasar Memanah

oleh -
pelatihan dasar memanah bagi guru-guru sekolah Muhammadiyah Kabupaten Purworejo
pelatihan dasar memanah bagi guru-guru sekolah Muhammadiyah Kabupaten Purworejo

PURWOREJO, purworejo24.com – Forum Kerja Kepala Sekolah Dasar-Madrasah Ibtidaiyah (FKKS SD/MI) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, bersinergi bersama Lembaga Seni Budaya Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah (LSBO PWM Jateng) mengadakan pelatihan dasar memanah bagi guru-guru sekolah Muhammadiyah Kabupaten Purworejo.

<

Pelatihan diselenggarakan di Komplek SDKUB Muhammadiyah Purworejo, pada Rabu 22 Desember 2021. Pelatihan ini dilakukan untuk mencari pelatih kegiatan ekstra panahan di sekolah. Pelatihan itu diikuti kurang lebih 40an peserta delegasi sekolah Muhammadiyah dari tingkat dasar, menengah dan atas serta kejuruan.

Ketua FKKS SD/MI Muhammadiyah Purworejo, Widi Hastono, mengatakan, bahwasanya selama ini sekolah sudah mampu melengkapi perlengkapan panahan hanya saja kesulitan untuk mencari pelatih ekstra panahan untuk dukung kegiatan latihan.

“Guna menjawab kendala-kendala berkaitan dengan kepelatihan,dimana selama ini siswa siswi banyak ikut pelatihan melalui klub panahan yang ada. Harapannya dengan pelatihan yang mengusung tema Merajut Ukhuwah dengan Panah ini mampu memenuhi kebutuhan akan hal tersebut pada sekolah-sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Purworejo,” katanya.

Selain pelatihan, lanjutnya, kegiatan itu juga sebagai momentum merajut Uuwah Islamiyah dan persaudaraan antar guru di sekolah Muhammadiyah dan warga Persyarikatan Muhammadiyah, koordinasi dan konsolidasi pegiat panahan di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang panahan serta pembentukan komunitas Panahan Muhammadiyah (PanahMu) Pimpinan Daerah Purworejo.

Disampaikan, pelatihan dasar ini sebagai langkah awal yang akan ditindaklanjuti dengan pelatihan training of trainer.

“Selanjutnya struktural PanahMu Purworejo yang dibentuk nantinya akan menjadi koordinator pelaksanaan kegiatan panahan pada sekolah-sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Purworejo,” ujarnya.

Dalam kegiatan itu juga dibentuk struktur PanahMu yang disepakati yakni dengan susunan dengan Pembina Widi Hastomo, Ketua Ust Sutrisno, Wakil Ketua Kartono,
Sekretaris Ryandani Pambayu, Bendahara Ust Ahmad Ari Fahrudin dan seluruh delegasi lainnya sebagai perwakilan sekolah berada di bawah sebagai anggota.

“Adapun materi dalam agenda kali ini yakni keorganisasian PanahMu Jawa Tengah, Pengantar Ilmu Memanah dan Dasar-dasar teknik memanah yang disampaikan secara klasikal dan praktek lapangan oleh Tim PanahMu Jawa Tengah,” pungkasnya.(P24/Wid)